Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Mei 2024
home sosok muslim detail berita

Kisah Inspiratif Abdullah Faqih, Wisudawan UM Surabaya Sukses Miliki Usaha Basreng

tim langit 7 Kamis, 02 November 2023 - 10:00 WIB
Kisah Inspiratif Abdullah Faqih, Wisudawan UM Surabaya Sukses Miliki Usaha Basreng
Moch. Abdullah Faqih wisudawan UM Surabaya menunjukkan hasil usahanya berupa cemilan basreng.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Moch. Abdullah Faqih sukses menjadi wisudawan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) yang memiliki usaha cemilan basreng. Makanan ringan itu diproduksinya sendiri.

Pria asal Kecamatan Tambaksari Surabaya jurusan Pendidikan Bahasa Inggris pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) tersebut sudah memiliki 3 seorang karyawan yang membantu usahanya.

Faqih memberi nama usahanya dengan sebutan “Basreng Tabaruk” yang artinya basreng keberkahan.

Ide jualan basreng ini berawal ketika ia menjadi Kepala TPQ di rumahnya, ada 300 siswa yang belajar disana. Ia berpikir hal ini akan menjadi peluang yang bagus untuk berjualan.

Menurutnya awal ia berjualan konsepnya masih sangat sederhana, mulai dari packaging yang kurang menarik dan lainnya. Selama ia menjadi mahasiswa ia belajar memahami pola-pola sebagai seorang pembisnis. Kemudian pada tahun 2023 ia mulai melakukan perombakan sampai ia memiliki seorang 3 karyawan.

Baca juga:Satu Keluarga Jadi Dokter, Ini Sosok Aliya Mahasiswa FK UM Surabaya

“Orang bisnis itu harus punya tujuan, dan dalam jangka panjang saya akan terus mengembangkan usaha ini meski nantinya saya memiliki profesi guru atau yang lain,”ujar Faqih.

Kini basreng yang ia produksi telah sukses masuk ke 50 sekolah di Jawa Timur. Faqih mengaku dalam waktu satu bulan ia bisa menjual 2500 basreng dan targetnya dalam waktu satu bulan ia bisa menjual sekitar sepuluh ribu basreng dengan varian 15 rasa.

Ia juga mengaku usaha basreng yang digelutinya telah memiliki tempat sendiri.

“Ya meskipun tidak besar sekali, tapi disana ada tiga pegawai mulai proses produksi, packaging dan sejenisnya,”imbuh dia lagi.

Rupanya selain memiliki usaha basreng, di usianya yang masih tergolong muda Faqih telah memiliki beragam usaha diantaranya: Koperasi, Bimbel Manbaul ulum, jual belie mas dan catering.

“Dari semua itu semuanya masih berjalan lancar, cuma yang paling lancar adalah basreng,”kata Faqih lagi.

Faqih menyebut, jiwa pengusaha ini muncul dari ibunya. Rupanya ibunya juga memiliki bisnis konveksi. Ia mulai tertarik dengan jualan sudah dimulai sejak di bangku SD, rupanya saat SD ketika sekolah ia sering membawa jajan yang dijual kepada teman-temannya.

Saat ditanya mengenai tips menjadi usaha Faqih menjawab kuncinya ada tiga hal. Pertama kenali target pasar sebelum berwirausaha. Kedua kenali produk yang ingin dijual. Ketiga perbanyak relasi agar bisnis bergerak lebih cepat.

Sebagai anak yang ditempa di Pondok Pesantren selama enam tahun, Faqih mengaku perjalanan hidupnya menjadi santri di Tebu Ireng mengajarkannya akan banyak hal, sehingga menempa dirinya seperti sekarang.

Saat ditanya mengenai apa motivasinya Faqih menjawab “Lebih baik jatuh berkali-kali dan berusaha bangkit daripada tidak pernah jatuh sama sekali.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan