Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 15 Juni 2024
home global news detail berita

KH Abdul Chalim Jadi Pahlawan Nasional, KH Asep Saifuddin Berterima Kasih ke Presiden

tim langit 7 Jum'at, 10 November 2023 - 23:15 WIB
KH Abdul Chalim Jadi Pahlawan Nasional, KH Asep Saifuddin Berterima Kasih ke Presiden
KH Abdul Chalim Leuwimunding merupakan salah satu pendiri Nahdlatul Ulama kelahiran Leuwimunding, Majalengka, Jawa Barat.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional 2023 kepada enam tokoh dari berbagai daerah yang telah berjasa bagi bangsa dan negara, di Istana Negara, Jakarta.

Salah satu tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional yakni almarhum KH Abdul Chalim dari Jawa Barat. KH Asep Saifuddin Chalim, putra almarhum KH Abdul Chalim mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan semua pihak yang telah menunjuk ayahnya sebagai Pahlawan Nasional.

"Terima kasih kepada negara terutama kepada Presiden Jokowi karena beliau yang menandatangani," kata Asep di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Asep menjelaskan, KH Abdul Chalim merupakan seorang tokoh dalam kajian ilmiah pada peristiwa 10 November. KH Abdul Chalim, katanya, juga merupakan tokoh moderasi dan salah satu tokoh yang mendirikan Nahdlatul Ulama (NU).

Baca juga:KH Abdul Chalim Leuwimunding dan 5 Tokoh Akan Bergelar Pahlawan Nasional

"Beliau ketika mendirikan Nahdlatul Ulama sebagai yang mengundang para ulama untuk mendirikan Nahdlatul Ulama, beliau yang menjadi komunikator kepada para ulama tetapi yang lebih penting dari itu beliaulah penggagas bahwa pertemuan para ulama itu agenda utamanya adalah kemerdekaan Indonesia dalam resolusi jihad," kata Asep.

Wakil Ketua MPR Yandri Susanto menilai, KH Abdul Chalim layak dijadikan pahlawan nasional karena rekam jejak dan fakta-fakta yang mendukung.

Menurutnya, KH Abdul Chalim ikut langsung berperang dan berdakwah serta memiliki perannya sangat strategis di Nahdlatul Ulama.

"Tidak banyak yang sesempurna Kiai Abdul Halim. Istilah saya ada tiga di beliau yaitu politisi, pejuang, dan ulama. Kenapa politisi dia pernah menjadi anggota MP. Kenapa dia pejuang karena dia yang ikut dalam Resolusi Jihad, dia mendirikan Nahdlatul Ulama. Kenapa dia ulama karena dia mendakwah dan tokoh di Indonesia," kata Yandri.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 15 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:18
Maghrib
17:49
Isya
19:04
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan