Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 21 Februari 2024
home lifestyle muslim detail berita

Live Streaming Bikin Jenama Fesyen Muslim ZM Zaskia Mecca Banjir Order

esti setiyowati Selasa, 28 November 2023 - 17:00 WIB
Live Streaming Bikin Jenama Fesyen Muslim ZM Zaskia Mecca Banjir Order
Live Streaming Bikin Jenama Fesyen Muslim ZM Zaskia Mecca Banjir Order
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap pakaian muslim sangat tinggi, baik itu untuk digunakan sehari-hari maupun untuk melengkapi kebutuhan saat hari raya.

Fakta inilah yang mengawali perjalanan Haykal Kamil dalam membangun brand ZM Zaskia Mecca sebagai brand fashion muslim di tahun 2015 lalu.

Lahir dari kolaborasi bersama kedua kakak nya, Zaskia Adya Mecca dan Tania Ray Mina, Haykal memiliki visi untuk mempromosikan gaya hidup halal tetapi tetap mengikuti tren masa kini melalui desain hijab dan pakaian muslim yang menarik.

Pemilik ZM Zaskia Mecca Haykal Kamil, mengatakan produk ZM Zaskia Mecca awalnya didistribusikan secara offline, di mana tersedia 120 toko yang tersebar di Indonesia.

"Namun, cara penjualan ini belum memberikan jangkauan yang maksimal seperti yang kami inginkan. Sehingga di tahun 2018 kami mulai merambah ke ranah online dengan bergabung bersama Shopee," kata Haykal Kamil dalam siaran media Shopee, dikutip Selasa (28/11/2023).

Bergabungnya ZM Zaskia Mecca di e-commerce diakui Haykal Kamil sebagai cara yang tepat karena bisa memperluas jangkauan penjualan hingga ke pelosok Indonesia.

Selain itu, lanjut Haykal Kamil, langkah itu memberikan peningkatan pesanan hingga 10 kali lipat pada puncak kampanye belanja di tanggal cantik baru-baru ini.

Demi mengembangkan bisnisnya, pada 2020 lalu Haykal mengikutsertakan brand ZM Zaskia Mecca dalam Program Ekspor Shopee. Bergabungnya jenama fesyen lokal di program tersebut, membuat produk hijab dan fashion muslimmya bisa sampai ke tangan pembeli mancanegara di negara Shopee beroperasi.

Produk ZM Zaskia Mecca yang bisa diakses dan dipesan oleh pengguna di mancanegara bukan hal yang pernah terbayangkan sebelumnya. Sebab, sepengetahuan Haykal, melakukan ekspor bukan suatu hal yang mudah.

Pandemi Covid-19 pun membawa banyak perubahan, termasuk dalam perubahan perilaku belanja masyarakat, sehingga mengharuskan Haykal untuk menyesuaikan strategi pemasarannya.

Meski sudah bergabung dengan e-commerce, yang membuat penjualan onlinenya tak terdampak, namun Haykal terus mengambil berbagai langkah untuk kian mengenalkan produk ZM Zaskia Mecca lebih luas lagi.

Di antaranya dengan terus menciptakan produk baru dan menghadirkan kolaborasi dengan publik figur maupun brand lain, hingga memanfaatkan fitur live streaming, seperti Shopee Live.

Langkah-langkah ini pun mengantarkan brand ZM Zaskia Mecca untuk bisa bertahan di tengah pandemi bahkan meniti kesuksesan yang lebih hingga saat ini.

“Kami memulai Shopee Live dengan sederhana, dengan jumlah penonton yang terbatas dan jadwal tiga kali seminggu. Awalnya hanya coba-coba karena kami melihat antusiasme masyarakat yang meningkat untuk belanja lewat Shopee Live," lanjut suami dari Tantri Namira ini.

Berjualan online secara streaming membawa pengalaman baru bagi Haykal. Selain bisa memberikan informasi produk dengan sangat terperinci, konsumen juga semakin dimudahkan karena bisa langsung membeli produknya melalui Keranjang Orange di fitur ini.

"Sehingga seiring berjalannya waktu, kami berhasil menarik banyak konsumen dengan penawaran menarik selama sesi berlangsung dan semakin banyak pesanan yang didapatkan tiap harinya. Melihat respon masyarakat, saat ini jadwal Shopee Live nya kami buat dengan durasi lebih lama dan intensitas yang lebih sering, minimal empat jam dan setiap hari," pungkas Haykal

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 21 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:19
Maghrib
18:18
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan