Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 21 Februari 2024
home lifestyle muslim detail berita

Generasi Muda Diharap Peka Terhadap Bahaya Rokok

tim langit 7 Kamis, 30 November 2023 - 09:00 WIB
Generasi Muda Diharap Peka Terhadap Bahaya Rokok
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Generasi muda diharapkan meningkatkan kepekaan terhadap bahaya merokok, termasuk vape (rokok cair). Saat ini, rokok tanpa bakar di kalangan muda mudi menjadi tren.

Isu bahaya rokok ini menjadi salah satu pembahasan Halaqah Kesehatan 2023 oleh Majelis Pembinaan Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Gedung Dakwah Muhammadiyah Jakarta.

Pada halaqah ini menghadirkan Sudibyo Markus selaku Dewan Pakar Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) PP Muhammadiyah sebagai narasumber.

Menurut Sudibyo, dari jaman dulu masyarakat telah dibohongi oleh produsen rokok dalam menjual produknya, karena tentu akan menjadi ladang bisnis yang bagus bagi produksi dan pasar Indonesia kala itu.

Baca juga:Pneumonia Misterius China, Kemenkes Minta Jajaran Kesehatan Waspada dan Siaga

“Dari jaman dulu kecil dikenalkan cerutu, terus semakin kesini mereka memproduksi dan memperkenalkan rokok putih yang katanya ukuran lebih kecil sehingga kandungan bahayanya jauh lebih rendah dari cerutu yang padahal semua itu ya sama saja”, ungkapnya.

Namun pada era sekarang, perkembangan dan regenerasi dari rokok juga terbilang begitu cepat. Hal ini menjadi suatu pilihan lain dalam tren kaum muda mudi dan remaja menuju dewasa awal dalam merokok.

Mereka mengetahui bahwa rokok tradisional yang dibakar adalah rokok yang mengandung zat adiktif berbahaya seperti tar dan nikotin membuat mereka mencoba rokok elektrik dan iqos.

Sudibyo mengaku pengenalan rokok modern dengan pengenalan rokok tradisional masih sama dengan kebohongan yang ada. Namun kini menganggap rokok yang tidak dibakar akan aman dibandingkan rokok tradisional yang notabene harus dibakar.

“Melihat pengenalan rokok modern seperti rokok vape yang berupa cairan, sampai rokok iqos yang tidak mengeluarkan asap membuat saya melihat ini seperti jaman dulu pengenalan rokok yang kian beragam kala itu, dengan kebohongan minim resiko namun tetap aja yang namanya bahaya tetap bahaya. Mungkin dampaknya tidak dirasakan sekarang namun beberapa masa ke depan,” tandasnya

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 21 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:19
Maghrib
18:18
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan