Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home global news detail berita

Sambut Libur Natal Tahun Baru, KAI Daop 8 Surabaya Siapkan 62 Lokomotif dan 331 Kereta

tim langit 7 Kamis, 14 Desember 2023 - 22:00 WIB
Sambut Libur Natal Tahun Baru, KAI Daop 8 Surabaya Siapkan 62 Lokomotif dan 331 Kereta
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Surabaya- - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mulai mengantisipasi datangnya libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Salah satu persiapannya adalah membuka posko angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/24) pada 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

Berbagai kesiapan dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan yang akan menikmati libur akhir tahun dengan menggunakan transportasi kereta api (KA).

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, dari sektor sarana perkeretaapian, KAI Daop 8 menyiapkan sebanyak 62 lokomotif dan 331 kereta yang dalam kondisi siap operasi untuk mengantar penumpang yang akan melakukan perjalanan pada masa nataru nanti.

Pemeriksaan harian dan berkala terus dilakukan oleh jajaran sarana untuk memastikan kondisi lokomotif tersebut handal selama masa nataru di 3 Depo wilayah Daop 8. Yaitu Depo lokomotif sidotopo, depo lokomotif surabaya pasarturi dan juga depo lokomotif Malang.

Baca juga:Menparekraf Imbau Masyarakat Terapkan Prosedur CHSE Saat Libur Nataru

Dalam proses bisnis kesehariannya, masing-masing depo melakukan proses perawatan sarana mulai dari disassembly, perawatan komponen, hingga assembly. Para pekerja sarana akan memastikan seluruh fasilitas kenyamanan kereta dapat berfungsi dengan baik sebelum dioperasikan.

"KAI menyertakan petugas Teknisi Kereta Api (TKA) yang akan mengawal setiap perjalanan KA, sebagai antisipasi apabila terdapat gangguan keselamatan dan kenyamanan perjalanan KA,” ujarnya, Kamis (14/12/2023).

Disisi lain, manajemen KAI Daop 8 Surabaya juga menyiapkan sarana penolong apabila terdapat gangguan perjalanan KA. Sarana tersebut yakni kereta penolong yang dilengkapi dengan peralatan P3K dan juga kelengkapan peralatan teknis. Sarana penolong ini ditempatkan di Depo Surabaya Pasarturi dan Depo Malang, berdasarkan lokasi strategis apabila terdapat gangguan perjalanan KA.

Luqman Arif juga menambahkan, perawatan sarana KA memegang peranan penting dalam operasional perjalanan kereta api. Oleh sebab itu, berbagai persyaratan harus dimiliki oleh petugas sarana sebelum ditempatkan di Depo atau stasiun keberangkatan.

KAI Daop 8 Surabaya memastikan SDM bagian Sarana selalu siap dalam mengamankan dan menjaga kenyamanan perjalanan KA. Sebanyak 475 pekerja sarana telah mengantongi Sertifikat Kompetensi Tenaga Pemeriksa Sarana Kereta Api dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dan Surat Tanda Tamat Pelatihan (STTP) dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan KAI.

Selain itu, manajemen juga secara rutin memberikan pembinaan kepada para petugas sarana minimal 12 kali dalam setahun yang meliputi standar operasional prosedur (SOP) kerja, penggunaan alat pelindung diri (APD), serta disiplin diri.

Setiap hari selama masa nataru nanti, Daop 8 akan memberangkatkan 50 KA jarak jauh, terdiri dari 44 keberangkatan KA jarak jauh reguler serta 6 KA jarak jauh tambahan yang beroperasi pada 21 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024. “Pada masa angkutan Nataru 2023/24 ini, KAI akan mendukung penuh masa liburan ini dengan mengedepankan aspek selamat, nyaman, dan handal," pungkasnya

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan