Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 21 Februari 2024
home global news detail berita

Saudi Bakal Operasikan Taksi Udara untuk Jamaah Haji dan Umrah

esti setiyowati Sabtu, 13 Januari 2024 - 22:00 WIB
Saudi Bakal Operasikan Taksi Udara untuk Jamaah Haji dan Umrah
Maskapai nasional Arab Saudi berencana mengoperasikan layanan udara untuk mengangkut jamaah antara kota Jeddah di Laut Merah dan Masjidil Haram.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Maskapai nasional Arab Saudi berencana mengoperasikan layanan udara untuk mengangkut jamaah antara kota Jeddah di Laut Merah dan Masjidil Haram.

Menurut direktur komunikasi korporat grup Saudia, Abdullah Al Shahrani, Saudi telah menandatangani kesepakatan untuk 100 pesawat jet listrik (eVTOL) dari pabrikan Jerman Lilium.

Penyediaan pesawat jet listrik untuk antar-jemput antara bandara King Abdulaziz di Jeddah dan landasan udara di hotel-hotel Mekah dekat Masjidil Haram dan tempat-tempat suci lainnya, kata Al Shahrani seperti dikutip dari Gulf News, Sabtu (13/1/2024).

Al Shahrani menambahkan, pesawat eVTOl yang sedianya untuk taksi udara dapat mengangkut hingga enam penumpang.

"Maskapai penerbangan Saudi bekerja sama dengan lembaga-lembaga hukum di negara tersebut untuk mendapatkan izin terbang untuk jenis pesawat listrik ini," kata Al Shahrani.

Harapannya, lanjut Al Shahrani, taksi udara akan menjadi perubahan “kualitatif” dalam transportasi selama haji dan musim umrah.

“Pesawat ini akan digunakan untuk pertama kalinya di Kerajaan,” tambahnya tanpa mengungkapkan tanggal peluncuran layanan tersebut.

Sebagai informasi, hampir 2 juta jamaah haji dari seluruh dunia menunaikan ibadah haji pada 2023 lalu, yang menandai kembalinya jumlah normal sebelum pandemi.

Sementara jumlah jamaah umrah, menurut Menteri Haji dan Umrah Saudi, mencapai rekor 13,5 juta.

Dalam beberapa bulan terakhir, Arab Saudi telah meluncurkan sejumlah fasilitas bagi umat Islam yang ingin menunaikan umrah. Pemegang visa diizinkan masuk kerajaan melalui semua jalur, baik darat, udara dan laut.

Selain itu, Arab Saudi juga mengizinkan warganya mengundang jamaah luar negeri untuk umrah dengan visa kunjungan pribadi. Kemudian, Saudi mengeluarkan aturan di mana jamaah umrah perempuan tidak wajib didampingi mahram.

Kerajaan juga menyatakan bahwa ekspatriat yang tinggal di negara-negara Dewan Kerja Sama Teluk berhak mengajukan visa turis, apa pun profesinya, dan dapat menunaikan umrah

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 21 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:19
Maghrib
18:18
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan