Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 21 Februari 2024
home global news detail berita

Jaga Makna Historis, Arab Saudi Restorasi Sumur Utsman bin Affan

esti setiyowati Rabu, 31 Januari 2024 - 17:00 WIB
Jaga Makna Historis, Arab Saudi Restorasi Sumur Utsman bin Affan
Kementerian Kebudayaan Arab Saudi memulai proyek restorasi komprehensif untuk pemulihan sumur Utsman bin Affan radiyallahu anhu.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Kementerian Kebudayaan Arab Saudi memulai proyek restorasi komprehensif untuk pemulihan sumur Utsman bin Affan radiyallahu anhu. Tujuan proyek ini melestarikan dan menjaga makna historis sumur tersebut.

Sumur Utsman bin Affan atau sumur Raumah merupakan sumur bersejarah yang terletak di jantung kota Madinah, Arab Saudi. Peninggalan sahabat nabi ini mempunyai arti penting bagi umat Muslim di dunia, khususnya bagi jamaah haji dan pecinta sejarah Islam.

Melansir Islamic Information, sumur kuno ini telah mengalami perjalanan panjang restorasi dan pengembangan. Restorasi baru-baru ini bertujuan mengungkap kedalamannya yang terlupakan dan mengembalikan kejayaan aslinya.

Proyek restorasi adalah bagian dari inisiatif yang lebih besar. Inisiatif komprehensif ini bertujuan untuk merehabilitasi situs sejarah dan arkeologi di seluruh wilayah sehingga memperkaya pengalaman pengunjung dan menjaga warisan budaya Arab Saudi.

Baca juga:Haul Gus Dur di Kairo Jadi Upaya Terjemahkan Pesan Kemanusiaan dan Perdamaian

Terletak di dalam pemakaman Al-Baqi yang tenang, Sumur Utsman bin Affan ra memiliki makna sejarah yang sangat besar.

Utsman Bin Affan ra merupakan khalifah ketiga Kekhalifahan Rasyidin yang memerintah pada tahun 644 hingga 656 M.

Sumur ini berfungsi sebagai sumber wudhu dan terutama digunakan untuk air minum Utsman Bin Affan ra dan para sahabatnya.

Seiring berjalannya waktu, sumur tersebut terbengkalai dan akhirnya terkubur di bawah lapisan pasir.

Menyadari pentingnya sejarah, Kementerian Kebudayaan Saudi memulai proyek restorasi komprehensif untuk menggali sumur tersebut, mengembalikannya ke kondisi aslinya.

Proses yang memakan banyak upaya ini melibatkan pembuangan pasir dan sedimen secara hati-hati, mengungkap struktur sumur, dan melestarikan desain rumitnya.

Hal ini juga bertujuan untuk memperkuat pengalaman pengunjung, yang selalu menjadi pertimbangan utama proyek ini.

Sebuah jalan setapak baru dibangun di sekitar sumur yang memberikan akses mudah bagi pengunjung untuk menjelajahi dan mengagumi keindahannya. Selain itu, area tempat duduk dibuat memungkinkan pengunjung untuk bersantai dan merenungkan makna sejarah situs tersebut.

Tahun 2021 ditandai dengan keberhasilan selesainya proyek restorasi. Menghidupkan kembali sumur zaman Usman Bin Affan (R.A). Sumur tersebut, yang telah dikembalikan ke kejayaannya, kini berdiri sebagai bukti kekayaan sejarah dan budaya kawasan ini.

Pemugaran ini akan menjadi langkah penting dalam menjaga sejarah dan budaya peninggalan Madinah

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 21 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:19
Maghrib
18:18
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan