Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 21 Juli 2024
home global news detail berita

Newton dari Gaza, Bocah 15 Tahun 'Temukan' Listrik untuk Penerangan Tenda Pengungsian

esti setiyowati Sabtu, 10 Februari 2024 - 14:52 WIB
Newton dari Gaza, Bocah 15 Tahun 'Temukan' Listrik untuk Penerangan Tenda Pengungsian
Remaja asal Gaza, Hussam Al Attar, dijuluki Newton dari Gaza karena sukses menghasilkan listrik dengan peralatan sederhana untuk tenda pengungsian.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Remaja asal Gaza, Hussam Al Attar, dijuluki "Newton dari Gaza" karena sukses menghasilkan listrik dengan peralatan sederhana untuk tenda pengungsian.

Di tengah meluasnya kekurangan energi dan hampir semua bahan dasar yang dibutuhkan, bocah berusia 15 tahun ini menggunakan kecerdasannya dengan membuat listrik tenaga angin.

Al Attar mampu membuktikan bahwa kebaikan sekecil apapun bisa sangat berarti.

Ide membuat listrik dimulai saat Al Attar melihat banyak keluarga di lingkungannya yang harus meninggalkan rumah mereka imbas dari perang.

"Kami melarikan diri dari utara ke Rafah. Saat itu sangat gelap di malam hari dan saya merasa kasihan pada ibu, ayah, dan saudara-saudaraku karena gelap total di sini," kata Al Attar dilansir dari Al Jazeera, Sabtu (10/1/2024).

Baca juga:NU-Muhammadiyah Harap Pilpres Kondusif, Menang Jangan Jumawa yang Kalah Legowo

"Jadi saya berpikir untuk membuat ini untuk meringankan penderitaan yang kami alami selama perang," terangnya.

Saat musim dingin tiba dan tidak ada listrik yang bisa diandalkan, dia melihat peluang di tengah angin kencang yang bertiup.

Berbekal beberapa perlengkapan dasar seperti kabel, baterai, dan botol plastik, Al Attar beride menggunakan angin untuk menghasilkan cahaya dan kehangatan bagi mereka yang sedang berjuang.

"Jadi, ketika kipas berputar, menimbulkan gesekan di dalam dinamo magnet di dalamnya. Sehingga ketika diputar akan menghasilkan arus listrik yang akan mengalir melalui kabel-kabel yang menuju ke tenda," jelas Al Attar.

Lebih dari 2,3 juta penduduk Gaza harus melarikan diri ke Rafah akibat perang Israel di Gaza, Palestina. Banyak yang berjuang untuk mendapatkan akses terhadap makanan, air, tempat tinggal dan listrik.

"Newton sedang duduk di bawah pohon apel ketika sebuah apel jatuh menimpa kepalanya, dan dia menemukan gravitasi. Dan kita di sini hidup dalam kegelapan dan tragedi, dan roket menimpa kita, oleh karena itu, saya berpikir untuk menciptakan cahaya, dan melakukannya," tutup Al Attar.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 21 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan