Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 14 Juni 2024
home wirausaha syariah detail berita

KPPU Sidak Tiga Pasar di Surabaya, Harga Beras Premium Naik

tim langit 7 Kamis, 15 Februari 2024 - 06:00 WIB
KPPU Sidak Tiga Pasar di Surabaya, Harga Beras Premium Naik
KPPU IV melakukan sidak ke tiga pasar di Surabaya yakni Wonokromo, Keputran dan Genteng. Bersama dinas terkait dan Bulog Cabang Surabaya, KPPU menemukan adanya kenaikan harga khususnya beras.
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) IV melakukan sidak ke tiga pasar di Surabaya yakni Wonokromo, Keputran dan Genteng. Bersama dinas terkait dan Bulog Cabang Surabaya, KPPU menemukan adanya kenaikan harga khususnya beras.

Kenaikan harga itu untuk beras premium yang harganya saat ini mencapai Rp 17.500 per kilogram. Sementara beras medium Bulog harga masih di angka Rp 10.900 per kilogram. Namun sejak seminggu terakhir beberapa pasar mengaku kehabisan stok.

“Sudah seminggu habis stoknya. Kita masih menunggu dari Bulog untuk distribusi ke sini,” kata salah satu pedagang Pasar Wonokromo, Priyanto.

Diakui Priyanto saat berdialog dengan tim KPPU dan dinas terkait, konsumen terpaksa membeli beras premium karena yang medium belum tersedia. “Kalau ada yang murah tentunya konsumen beli yang murah,” tukasnya.

Kepala Cabang Bulog Surabaya, Sugeng Hardono mengaku memang ada keterlambatan distribusi penyaluran beras medium ke pedagang. Hal itu dikarenakan Bulog Cabang Surabaya menambah jaringan distribusi dan penambahan stok di Surabaya, Gresik dan Sidoarjo.

“Jadi masalah waktu penyaluran saja. Tapi kami menjamin stok aman, tidak perlu khawatir,” ungkapnya.

Sugeng memastikan bahwa hari ini (Senin 12/2/2024) siang stok sudah akan tersedia kembali. “Pasar Wonokromo kami dropping 200 ton untuk hari ini saja,” tuturnya.

Ketua KPPU Kanwil IV, Dendy R Sutrisno mengatakan tinjauan lapangan ini dilakukan untuk memastikan kebenaran akan adanya kenaikan harga pangan khususnya beras. “Kami melihat dan mendengar langsung dari pedagang memang ada kenaikan harga. Juga adanya keterlambatan distribusi. Kami meminta teman-teman Bulog untuk mengatasi masalah tersebut,” kata Dendy.

Dendyengaku KPPU memang akan terus memantau kenaikan harga kebutuhan pokok ini apalagi menjelang Ramadan dan hari raya Iedul Fitri. Sehingga diharapkan tim dari Bulog dan dinas terkait bisa mempersiapkan diri atas keterjangkauan dan ketersediaan bahan pokok ini.

“KPPU akan fokus melakukan pengawasan apabila ada upaya penahanan pasokan, upaya kartel dan sebagainya,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Surabaya, Dewi Suryawati mengaku Pemkot Surabaya berupaya untuk menekan kenaikan harga bahan pokok khususnya beras.

Salah satunya bekerjasama dengan Bulog Cabang Surabaya membuka TPID Mart yang ada di lima pasar yakni Wonokromo, Genteng, Kaputran, Kapas Krampung dan Pucang Anom.

“TPID Mart ini berfungsi sebagai gudang beras Bulog yang kami distribusikan untuk pedagang di pasar itu. Sehingga harga bisa stabil dan stok terjaga aman. Kami target TPID Mart ini akan ada di 24 pasar di Surabaya di tahun ini karena fungsinya sangat dirasakan masyarakat,” jelasnya.

Dari pantauan harga lain di tiga pasar yang dikunjungi tim, harga masih relatif stabil terutama gula, minyak goreng, telor dan daging ayam. Begitupun dengan bawang putih dan merah, masih relatif stabil.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 14 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:17
Maghrib
17:49
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan