Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home global news detail berita

Saudi Temukan Situs Arkeolog Baru di Jurash

nabil Kamis, 15 Februari 2024 - 17:30 WIB
Saudi Temukan Situs Arkeolog Baru di Jurash
Otoritas Warisan Saudi mengumumkan penemuan situs arkeolog baru di Jurash, yang terletak di wilayah selatan Asir
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Otoritas Warisan Saudi mengumumkan penemuan situs arkeolog baru di Jurash, yang terletak di wilayah selatan Asir. Hal ini menandai langkah penting dalam penelusuran sejarah dan kekayaan budaya Arab Saudi.

Dilansir dari Saudi Gazette, Kamis (15/2/2024), salah satu situs arkeologi terpenting di bagian selatan Arab Saudi, Situs Arkeologi Jurash, ditemukan pada akhir musim penggalian ke-15 pada tahun 2023.

Tim ilmiah yang bekerja di lokasi menemukan bangunan arsitektur baru dengan dinding yang terbuat dari batu dan tanah liat. Otoritas tersebut menyatakan bahwa bangunan-bangunan ini merupakan lanjutan dari temuan penggalian selama empat belas musim sebelumnya, terutama musim panas. sisi utara lokasi tersebut.

Selain itu, Otoritas Warisan mengumumkan penemuan teknologi irigasi baru yang dilakukan di lokasi tersebut untuk pertama kalinya, seperti sumur yang dibangun dengan teknik tumpukan batu. Kemudian saluran air dihubungkan ke pemukiman melalui dua baris batu dengan saluran di tengahnya untuk mengalirkan air ke pemukiman, dan saluran lain bercabang dari sumur yang mengalir ke cekungan air di sekitar lokasi. Selain itu, ditemukan kompor dan teras yang dibuat dari batu dan tanah liat.

Selain itu, ditemukan koleksi manik-manik yang terbuat dari batu halus dan sejumlah peralatan batu yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. Karena temuan arkeologis, ditemukan batu granit dengan prasasti Islam yang terdiri dari tiga baris. Ini dianggap sebagai prasasti kedua yang ditemukan di lokasi tersebut.

Selanjutnya, banyak perkakas batu yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari ditemukan, seperti alat penumbuk, bubuk, penggiling, penggilingan, pecahan tembikar biasa dan yang berbahan kaca, kaca, cetakan steatite, tembikar dengan ganggang dan berstruktur, bejana batu dan kaca dengan berbagai ukuran dan bentuk, dan manik-manik yang terbuat dari batu mulia.

Melalui proyek penggalian, Otoritas Warisan Saudi berusaha mempelajari dan mendokumentasikan situs arkeolog yang ditemukan tersebut, melestarikan dan memperkenalkan, dan mengambil keuntungan dari situs karena merupakan sumber daya budaya dan ekonomi yang penting dalam tanggung jawab terhadap warisan budaya, melindunginya, serta menyoroti peran peradaban Arab Saudi.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan