Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Senin, 29 April 2024
home global news detail berita

Pengajian Ditolak GP Ansor, Ustaz Syafiq Riza Basalamah Minta Tetap Berbaik Sangka

esti setiyowati Jum'at, 23 Februari 2024 - 14:48 WIB
Pengajian Ditolak GP Ansor, Ustaz Syafiq Riza Basalamah Minta Tetap Berbaik Sangka
Ustaz Syafiq Riza Basalamah
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Pengajian yang akan dihadiri pendakwah Ustaz Syafiq Riza Basalamah di Masjid Assalam Purimas, Surabaya ditolak oleh Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor). Sedianya Ustaz Syafiq akan mengisi kajian pada Kamis (22/2/2024).

Melalui video yang beredar di media sosial, sekelompok orang berpakaian Banser merangsek masuk ke masjid. Kondisi di dalam sejumlah jamaah sudah memadati masjid Assalam Purimas.

Kemudian, salah satu orang berpakaian Banser berteriak dan menunjuk-nujuk ke arah peserta pengajian. Kericuhan pun tak terelakkan antara kedua pihak dan berujung pada pembatalan kajian.

Menanggapi hal itu, Ustaz Syafiq Riza Basalamah meminta maaf atas pembatalan pengajian tersebut.



"Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, jemaah rahimakumullah buat teman-teman yang udah di Masjid Salam. Ana berangkat tadi jam 1 [siang] udah nyampek sebelum maghrib dengan harapan bisa isi kajian. Tapi ternyata takdir Allah berkata lain. Maka ana mohon maaf atas ketidaknyamanan ini buat teman-teman semuanya," bunyi pernyataan Syafiq Riza Basalamah di akun resminya Instagram @syafiqrizabasalamah_official, dilihat Jumat (23/2/2024).

Ustaz yang menempuh pendidikan di Universitas Islam Madinah ini pun meminta jamaah untuk tetap berbaik sangka. Ia juga mendoakan tekad jamaah untuk menghadiri pengajian menjadi sarana pengangkat derajat.

"Tapi yang jelas langkah antum ke rumah Allah capek, lelah, dan detik-detik yang antum luangkan untuk hadir di kajian itu akan ditulis pahala buat antum insyaallah. Dan semoga diangkat derajat antum dan diantarkan ke surga Allah. Insyaallah kita bertemu di lain waktu dan semangat ya, Ramadan udah deket semoga Allah menyampaikan kita ke bulan Ramadan dan semoga Allah berikan hidayah kepada teman-teman kita yang masih mungkin belum paham. Berbaik sangka kepada mereka," lanjutnya.

Penolakan GP Ansor pada pengajian sejumlah ustaz bukan baru kali ini terjadi. Sebelumnya, pengajian Ustaz Hanan Attaki di Masjid Al-Muttaqien, Pamekasan, Madura, pada Februari 2023 lalu dibubarkan oleh Banser Nahdlatul Ulama (NU) setempat.

Di tahun 2022, pengajian Ustaz Hanan Attaki sempat mengalami penolakan di berbagai wilayah di Jawa Timur. Tercatat ada empat daerah di Jawa Timur yang menolak kegiatan dakwah dan ceramah Ustadz Hanan Attaki.

Penolakan pertama terjadi di Gresik. Kala itu, dia akan berceramah dalam Konser Langit di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim, Gresik, pada 30 Juli 2022.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Senin 29 April 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan