Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 16 April 2024
home masjid detail berita

Jelang Ramadhan, JTBS Masjid Al-Akbar Salurkan Sedekah 120 Paket Sembako

tim langit 7 Ahad, 10 Maret 2024 - 12:00 WIB
Jelang Ramadhan, JTBS Masjid Al-Akbar Salurkan Sedekah 120 Paket Sembako
Jamaah Tartil Bakda Subuh (JTBS) Ar-Raudah Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) menyalurkan 120 sedekah sembako menjelang Ramadhan 1445 H
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Jamaah Tartil Bakda Subuh (JTBS) “Ar-Raudah” Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) menyalurkan 120 sedekah sembako menjelang Ramadhan 1445 H di Taman Air Mancur MAS, Jumat (8/3/2024).

“Sedekah sembako sebanyak 120 paket itu kami salurkan 100 paket untuk internal petugas Masjid Al Akbar, seperti petugas kebersihan, keamanan, teknisi/perlengkapan, dan tukang parkir,” kata Ketua JTBS Ar-Raudah MAS, Heri Santoso, di sela-sela Khataman Al-Qur’an JTBS yang diakhiri bakti sosial.

Sekretaris JTBS Ar-Raudah MAS Mulyadi menjelaskan, 20 paket sembako lagi disalurkan untuk pihak eksternal seperti pedagang asongan dan tukang sapu di luar kawasan masjid.

Baca juga:Safari Ramadhan MUI dan Baznas Hadirkan 13 Syekh dari Palestina

“Paket sembako yang disedekahkan pada setiap orang itu berisi 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, 1 kilogram gula pasir, 4 bungkus mie, dan uang tunai Rp100.000. Khusus untuk anak-anak, kami sudah mengadakan khitanan massal,” katanya.

Dia menambahkan sedekah sembako itu merupakan hasil dari Sedekah Jumat berupa penggalangan donasi pada setiap hari Jumat, yang penyalurannya dua kali setahun yakni Muharam (anak yatim) dan Jumat terakhir menjelang Ramadhan (petugas kebersihan masji

JTBS ‘Ar-Raudah’ MAS berkegiatan sejak tahun 1999 dengan Perintis JTBS adalah Drs Ec H Tjahja Gunawan bersama para ustadz Masjid Al-Akbar. Saat itu (1999) Masjid Al-Akbar masih dalam proyek pembangunan dan anggota JTBS masih 20-an orang berusia 50-70 tahun.



Sejak 2021, JTBS MAS pun berubah nama menjadi JTBS Ar-Raudah MAS, yang kini berkembang menjadi 110 anggota. Sejak 2022, program tartil juga dikembangkan dengan membaca sholawat Nabi, istighotsah, Diba’ dan kultum. Selain itu, ada tour religi, fun tour, umroh bersama, senam kebugaran, dan sepeda sehat.

“Pengembangan seni budaya pun menjadi ide JTBS Ar-Raudah dengan membentuk Hadrah Al-Banjari dengan nama ‘Nur Subha’ untuk Bapak-bapak dan Qasidah ‘Ar-Raudah’ untuk Ibu-ibu yang ditampilkan setiap event hari-hari besar Islam,” kata Heri.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 16 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:56
Ashar
15:14
Maghrib
17:54
Isya
19:04
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan