Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 17 April 2024
home masjid detail berita

Turunnya Al Quran Jadi Transformasi dari Jahiliyah ke Masyarakat Modern

tim langit 7 Rabu, 27 Maret 2024 - 18:00 WIB
Turunnya Al Quran Jadi Transformasi dari Jahiliyah ke Masyarakat Modern
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Al Qur’an diturunkan sebagai mukjizat untuk Nabi Muhammad SAW. Al Quran menjadi petanda dari perubahan pola pikir masyarakat dari yang jahiliyah menjadi masyarakat modern.

Hal itu disampaikan Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dadang Kahmad pada Peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid At Tanwir PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Selasa malam (26/3) dalam.

Al Qur’an ini berbeda dengan mukjizat-mukjizat yang diterima nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad. Dadang menjelaskan, Al Qur’an sebagai mukjizat ini mendorong manusia dalam menggunakan akal untuk mengembangkan sains.

Baca juga:Islam Rahmatan Lil Alamin Jangan Hanya Jargon, Harus Implementatif

Guru Besar Sosiologi Agama ini mencontohkan, bukti dari yang dia sampaikan itu terdapat dalam Al Qur’an Surat Al Alaq ayat 1, tentang perintah untuk membaca. Membaca atau literasi ini menjadi pondasi awal untuk orang berpengetahuan.

“Ayat pertama padahal itu sangat kunci dalam kehidupan ini, zaman modern seperti sekarang. Ini disuruh oleh Allah untuk membaca,” tuturnya.

Perintah membaca ini tidak dikhususkan hanya kepada Nabi Muhammad, tetapi merupakan perintah yang umum untuk seluruh Umat Islam. Namun dalam praktiknya, umat Islam di Indonesia khususnya memiliki daya literasi yang rendah.

Tinggi maupun rendahnya peringkat literasi, katanya, berpengaruh pada kualitas ilmu pengetahuan. Hal itu dapat disaksikan dari negara-negara modern dan maju, mereka rata-rata memiliki tingkat literasi yang tinggi.

“Padahal iqra’ itu bukan hanya diturunkan tanpa sengaja oleh Allah. Betul-betul diturunkan untuk generasi modern sekarang,” ungkap Dadang.

Dadang memandang, Al Qur’an sebagai mukjizat ini sangat rasional dan dapat dipelajari oleh semua orang, berbeda dengan mukjizat dari nabi-nabi sebelumnya yang khawariqul adah atau mukjizat di luar kebiasaan atau di luar nalar.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 17 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:56
Ashar
15:14
Maghrib
17:54
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan