Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 02 Mei 2024
home lifestyle muslim detail berita

Dibintangi Ria Ricis, Film Kiblat Kena Sentil MUI

esti setiyowati Rabu, 27 Maret 2024 - 19:00 WIB
Dibintangi Ria Ricis, Film Kiblat Kena Sentil MUI
Film Kiblat yang dibintangi Ria Ricis mendapat penolakan keras dari masyarakat karena dinilai meresahkan karena membawa unsur-unsur agama, khususnya Islam.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Film Kiblat yang dibintangi Ria Ricis mendapat penolakan keras dari masyarakat. Pasalnya film bergenre horor itu dinilai meresahkan karena membawa unsur-unsur agama, khususnya Islam.

Poster film Kiblat menampilkan seseorang yang memakai mukena dalam posisi seperti rukuk. Namun, bukan menghadap ke bawah seperti halnya posisi rukuk, wajahnya malah menengadah sambil berteriak.

Menanggapi polemik tersebut, Wakil Ketua Lembaga Seni Budaya dan Peradaban Islam (LSBPI), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Erick Yusuf mengaku resah dengan film-film yang membawa unsur-unsur agama.

Baca juga:Resep Thai Fish Cake, Perkedel Ikan Khas Negeri Gajah Putih untuk Menu Sahur

Erick Yusuf bahkan menyebut film horor dengan istilah dan simbol Islam itu menyebabkan masyarakat takut untuk beribadah.

"Sudah lumayan lama kami resah terkait ini, karena pertama, ini yang dikhawatirkan adalah dengan adanya film-film horror yang membawa unsur-unsur agama membuat orang-orang yang misalnya mau shalat tahajud menjadi takut karena ingat film tersebut," kata Erick Yusuf dikutip Antara, Rabu (27/3/2024).

Selain itu, Erick menilai adanya film-film tersebut dapat memicu kesalahpahaman, karena istilah-istilah di Agama Islam justru digunakan sebagai judul oleh film-film yang memiliki genre horror.

"Karenanya, saya lebih cenderung melihat film horror zaman dahulu, dengan judul misalnya 'Bangkit Dalam Kubur', 'Nyi Blorong' atau 'Jin dan Siluman' itu justru silakan, karena sudah jelas arahnya horror yang berbau mistis," ujar Ketua Komisi Kesra, Dewan Riset Daerah DKI Jakarta itu.

Terkait itu, Erick mengatakan bahasan tersebut akan didiskusikan lebih lanjut dengan internal MUI. Ia pun berharap film yang menggunakan istilah dan/atau unsur Agama Islam seharusnya menjadi film religi yang memotivasi umat Islam untuk lebih giat beribadah.

Sebelumnya Ketua MUI bidang Dakwah dan Ukhuwah Muhammad Cholil Nafis sempat mengutarakan pendapatnya soal film yang berjudul "Kiblat" melalui akun media sosial Instagram pribadinya di @cholilnafis.

"Saya tak tahu isi filmnya, maka belum bisa komentar. Tapi gambarnya seram ko’ judulnya Kiblat ya. Saya buka-buka arti Kiblat hanya Ka’bah, arah menghadapnya orang-orang shalat," ungkap Cholil dalam unggahannya

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 02 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:49
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan