LANGIT7.ID-, Jakarta- - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar Kick Off Tim Satuan Tugas (Satgas) Jasa Marga Siaga Hari Raya Idul Fitri 1445H/Tahun 2024 di lapangan Museum Purna Bhakti, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (28/03/2024.
Kegiatan ini digelar untuk menunjukkan kesiapan layanan operasional Jasa Marga yang diwujudkan melalui peningkatan kuantitas dan kualitas layanan terutama dalam mengantisipasi peningkatan mobilitas pada periode libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1445H.
Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur sebagai pembina upacara menyebutkan, potensi mobilitas masyarakat pada mudik Lebaran tahun ini akan meningkat pesat, lebih tinggi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.
Baca juga:
Safari Ramadhan BUMN 2024, Jasa Marga Gelar Pasar Sembako MurahHal ini tentu harus diantisipasi dengan serius oleh segenap Roadster Jasa Marga dalam menyiapkan upaya antisipasi dan strategi pelayanan operasi yang efektif untuk menjamin kelancaran, keamanan, kenyamanan, dan keselamatan bagi para pengguna jalan tol.
“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo dan yang juga menjadi fokus Pemerintah, seluruh sarana dan prasarana transportasi harus dipersiapkan dengan memperhatikan ketersediaan BBM, aspek pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan penumpang, dalam rangka mewujudkan Mudik Ceria Penuh Makna sesuai tagline dari pelayanan Lebaran tahun ini,” ujar Subakti.
Subakti menekankan beberapa aspek yang perlu menjadi perhatian tim Satgas Jasa Marga Siaga Operasional Lebaran 2024. Antara lain memastikan kesiapan pelayanan operasi, memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan, menyiapkan strategi antisipasi dan cara bertindak untuk penanganan pada situasi darurat.

Situai darurat tersebut seperti cuaca ekstrem, mengendalikan flow dan kepadatan di rest area, membatasi kegiatan konstruksi di jalan tol selama masa operasional pelayanan Lebaran, memastikan kesiapan jalur fungsional yang akan digunakan serta mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dalam melakukan monitoring dan pengolahan data kondisi lalu lintas terkini dengan memanfaatkan platform dan aplikasi yang tersedia yaitu Jasamarga Integrated Digitalmap (JID) dan aplikasi Travoy.
“Selain itu untuk menjadi perhatian ialah menjaga koordinasi dengan Kepolisian, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR, dan seluruh stakeholder terkait lainnya dalam melakukan pemantauan arus lalu lintas di jalan tol, serta tindakan-tindakan lainnya yang diperlukan dalam menjaga kualitas layanan dan kinerja operasional. Dengan langkah mitigasi yang disiapkan serta diimbangi dengan koordinasi intens ini, mari kita wujudkan mudik ceria penuh makna,” kata Subakti.
Selain peningkatan kualitas layanan operasional, Jasa Marga juga akan mengoptimalkan seluruh kanal informasi khususnya dalam menyampaikan himbauan dan panduan perjalanan.

(ori)