Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 14 Juni 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Psikolog Bagi-bagi Kiat Persiapkan Anak Kembali ke Sekolah Usai Libur Lebaran

esti setiyowati Senin, 15 April 2024 - 20:00 WIB
Psikolog Bagi-bagi Kiat Persiapkan Anak Kembali ke Sekolah Usai Libur Lebaran
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Libur Lebaran telah usai, saatnya Anda dan si kecil untuk kembali ke rutinitas awal.

Mempersiapkan anak kembali ke sekolah usai libur panjang tentu membawa tantangan tersendiri bagi sebagian orang tua. Terlebih orang tua juga menyiapkan diri untuk kembali masuk kerja.

Psikolog klinis Kasandra Putranto mengungkapkan mempersiapkan anak untuk masuk sekolah usai libur Lebaran harus dilakukan sejak dini.

Menurut Kasandra, orang tua harus membangun ketahanan fisik dan mental anak tidak hanya sebelum Lebaran tetapi harus sejak dini.

Ia menjelaskan, seperti dikutip Antara, Senin (15/4/2024), membangun ketahanan fisik dan mental sangat diperlukan agar anak siap untuk menghadapi kegiatan sekolah setelah libur yang cukup panjang saat lebaran.

Baca juga:Waspada Kenaikan Berat Badan Pasca Lebaran, Picu Penyakit Degeneratif

Selain itu, perlu juga membangun kebiasaan, sifat disiplin, meningkatkan motivasi belajar yang tinggi serta tanggung jawab pada anak sejak dini, sehingga mereka akan selalu siap menghadapi masa sekolah.

“Jika semua kompetensi sudah terbentuk sejak dini, kalimat afirmasi yang diberikan bisa lebih sedikit dan tidak perlu bersusah payah,” tambahnya.

Pun begitu, Kasandra mengakui bahwa masih ada anak yang merasa malas untuk kembali bersekolah. Hal tersebut, kata Kasandra, bisa saja karena anak merasa terbebani dengan rutinitas belajar yang akan dihadapinya saat masuk sekolah.

Alasan lain yang kerap dirasakan anak ketika malas masuk sekolah adalah merasa masih terbawa suasana liburan. Namun, jika bekal rasa tanggung jawab sudah ditanamkan sejak dini, Kasandra mengatakan hal itu tidak akan menjadi beban dan masalah.



“Umumnya anak masih terbawa kebiasaan liburan, bangun siang, santai dan menolak untuk kembali kepada rutinitas belajar yang dirasa membebani. Tetapi dengan bekal yang sudah dibangun sejak dini, seharusnya tidak akan menjadi masalah lagi,” jelasnya.

Ia menambahkan, keengganan anak untuk kembali ke sekolah juga bisa merupakan efek kumulatif jika sejak awal dibiarkan untuk tidak siap kembali ke sekolah.

Karena itu, Kasandara meminta orang tua untuk terus membentuk karakter anak sejak diri agar siap kembali ke sekolah setiap selesai liburan panjang.

Kemudian tanamkan tanggung jawab pada anak bahwa sekolah merupakan kegiatan rutin dan harus dilakukan.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 14 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:17
Maghrib
17:49
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan