Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 26 Mei 2024
home masjid detail berita

Wirid-wirid Yang Bisa Menjadi Pegangan Hidup Versi Kiai Nasaruddin Umar

tim langit 7 Kamis, 18 April 2024 - 16:52 WIB
Wirid-wirid Yang Bisa Menjadi Pegangan Hidup Versi Kiai Nasaruddin Umar
skyscraper (Desktop - langit7.id)


LANGIT7.ID-, Jakarta- - Banyak umat Islam sering bertanya tentang wirid yang bisa menjadi pegangan hidup. Imam besar Masjid Istiqlal Prof Dr KH. Nasaruddin Umar memberikan pandangan tentang berbagai macam wirid yang bisa menjadi pegangan umat Islam. Menurutnya, wirid umat Islam boleh berbeda-beda.

Kalau ada di antara umat Islam yang berpegang pada wirid sholat dhuha dan sholat tahajud, tidak apa apa. “Lakukanlah terus wirid itu,” ujar Prof Nasaruddin dalam pesannya di NUO (Nasaruddinumaroffice).

Tetapi kalau ada yang memilih wirid itu dengan membaca alqur’an, tidak masalah. Karena ada yang memiliki prinsip, dalam situasi apa pun, pokoknya membaca alqur’an karena dengan membacanya, bisa menentramkan hati dan pikiran. “Gak masalah, lakukanlah terus membaca alqur’an itu,” ujarnya.

Namun ada juga yang memilih wirid dengan berpuasa senen-kamis. Baginya, wirid puasa senen-kamis itu, sangat bagus karena bisa mengendalikan diri dari emosi apa pun. Selain itu, puasa senen-kamis juga bisa berdampak pada kesehatan, karena puasa tersebut ada unsur dietnya.

Tetapi ada juga yang merasa tidak sanggup menjalani wirid dengan puasa senen-kamis, karena puasa dianggap terlalu berat. Lalu, ada yang memilih wirid dengan cara membantu membangun pesantren, membangun masjid, membantu anak yatim dan fakir miskin serta korban banjir, menurut Prof Nasaruddin, wirid tersebut tetap baik. “Jadi wirid itu boleh berbeda beda, tidak harus sama. Tergantung keyakinan pribadi masing-masing,” ujarnya

(lam)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 26 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan