Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 14 Juni 2024
home global news detail berita

437 Petugas Haji Indonesia Diberangkatkan ke Tanah Suci

tim langit 7 Rabu, 08 Mei 2024 - 08:00 WIB
437 Petugas Haji Indonesia Diberangkatkan ke Tanah Suci
Sebanyak 437 petugas haji Indonesia diberangkatkan ke Arab Saudi, Rabu (8/5/2024).
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Sebanyak 437 petugas haji Indonesia diberangkatkan ke Arab Saudi, Rabu (8/5/2024). Mereka tergabung dalam Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dan akan bertugas di Daerah Kerja (Daker) Madinah dan Bandara.

"Kita akan berangkatkan 437 petugas yang pada Rabu, 8 Mei 2024. Mereka akan bertugas di Daker Madinah dan Bandara, termasuk di dalamnya ada 108 petugas kesehatan," ungkap Direktur Bina Haji Arsad Hidayat.

Arsad berpesan agar para petugas meluruskan niat sebelum diberangkatkan ke tanah suci. "Insya Allah dalam hitungan jam, bapak ibu sudah menginjakkan kaki di tanah suci. Saya minta, sejak saat ini mari kita bersama luruskan niat," pesan Arsad.

"Luruskan niat ya semata-mata hanya untuk melayani tamu-tamu Allah, berikan layanan terbaik. Ibadah para petugas haji itu adalah melayani para jemaah haji," imbuhnya.

Baca juga:Kloter Pertama 12 Mei, Ini Perlengkapan untuk Dibawa Jamaah Haji

Ia juga mengingatkan, haji adalah tugas nasional sesuai dengan amanah undang-undang 8 tahun 2019 dan para petugas haji adalah duta bangsa yang mengemban tugas negara. "Jadi tolong jaga betul nama besar bangsa ini," tuturnya.

Arsad juga meminta, haji ramah lansia yang masih menjadi tema penyelenggaraan ibadah haji dapat betul-betul dirasakan oleh jemaah. "Layani jemaah seperti laiknya orang tua sendiri," pesan Arsad.

"Jemaah haji kita ini menunggu puluhan tahun untuk berangkat, jadikanlah perjalanan ibadah ini pengalaman terbaik dalam hidupnya. Cerita bahagia jemaah haji Indonesia adalah kebahagiaan kita semuanya," sambungnya.

Arsad berharap seluruh petugas harus ramah dan responsif. Petugas juga harus memitigasi tiap kemungkinan persoalan yang muncu. "Setiap keluhan jemaah harus direspons dengan cepat, setiap potensi masalah segera harus diselesaikan," tegas Arsad.

Ia menambahkan, untuk memaksimalkan layanan kepada jamaah selain harus melaporkan kinerja hariannya melalui platform yang sudah dibuat, kinerja petugas pun akan dipantau oleh tim pengendali petugas.

"Jadi nanti akan melakukan penilaian. Bahkan jika didapati petugas tersebut tidak berkinerja baik, akan mendapatkan sanksi mulai dari teguran hingga dipulangkan ke tanah air sebelum pelaksanaan puncak haji," kata Arsad.

Para petugas haji Daker Madinah dan Bandara rencananya akan diberangkatkan menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GA 980. Mereka akan diterbangkan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 11.55 WIB menuju Bandara International King Abdul Aziz di Jeddah.

Sementara itu, pada 15 Mei 2024 akan menyusul diberangkatkan 414 petugas haji yang akan bertugas di daerah kerja Makkah

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 14 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:17
Maghrib
17:49
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan