Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home community detail berita

Cerita 2 Dekade Majelis Taklim Khoirotunnisa Bintaro

lusi mahgriefie Sabtu, 29 Juni 2024 - 10:00 WIB
Cerita 2 Dekade Majelis Taklim Khoirotunnisa Bintaro
Pengurus dan volunteer Taklim Anak dan Taklim Remaja.Foto-foto/Lusi M
LANGIT7.ID-, Bintaro- - Majelis Taklim Khoirotunnisa terbentuk sejak tahun 2003. Dihitung-hitung hingga kini taklim yang ada di Bintaro, Tangerang Selatan ini sudah lebih dari dua dekade berada di tengah-tengah masyarakat.

Di awal berdiri, jamaah taklim ini hanya terdiri dari warga sebuah komplek perumahan di Bintaro Sektor 9. Namun seiring berjalan waktu jamaah dari berbagai wilayah dan kota bergabung di sana.

Salah satu founder MT Khoirotunnisa, Lia Yogiantoro berbagi cerita dengan Langit7 tentang perjalanan dan kegiatan apa saja di majelis taklimnya.

Cerita 2 Dekade Majelis Taklim Khoirotunnisa Bintaro
Taklim Anakku. Selain anak-anak belajar mengaji, juga ada story telling dengan puppet show

Lia, sapaannya, mengawali dengan menggelar kajian di rumah dengan mengajak tetangga sekitar saja.
“Kurang lebih tahun 2003 hijrah ke Jakarta, saya mau mengenal tetangga. Jadi (kajian) dari tetangga saja di Bintaro sektor 9, awalnya di rumah saya kami belajar tahsin, mengaji lalu kenal ustad-ustadzah,” ungkap Lia.

Tidak ada niat atau rencana besar bagi Lia dan teman-teman founder lainnya untuk menjadikan MT Khoirotunnisa bisa berkembang sampai sekarang. “Dulu itu belum banyak kajian, jadi awalnya ada pengajian di rumah saya rutin dua minggu sekali, cuma kayak liqo saja,” tambahnya.

Lia termasuk aktif mengajak semua orang bergabung dalam kajian. Dengan semangat syiar dan dakwah ia kerap mengirimkan pesan singkat kepada muslimah yang ada di daftar kontak telepon genggam miliknya. Biasanya dikirimkan di pagi hari, dua kali dalam sebulan.

Cerita 2 Dekade Majelis Taklim Khoirotunnisa Bintaro
Kegiatan Taklim Anakku, salah satu bagian dari MT Khoirotunnisa. Biasanya diselingi dengan story telling tentang kisah Islami

Hal tersebut diakui wanita yang juga penulis buku Aku dan Hijrah itu. “Iya betul, saya mengingatkan lewat pesan singkat handphone dan juga getok tular itu ampuh banget,” tuturnya.

Sebagai informasi, getok tular adalah komunikasi berantai yang beredar dengan sendirinya di suatu komunitas tertentu. Merujuk pada penyampaian informasi yang pada umumnya dilakukan secara lisan, informal dari seseorang kepada orang lain secara pribadi, antara dua individu atau lebih.

Pengajian khusus muslimah ini memiliki berbagai kegiatan rutin dan khusus. Kegitan rutin berupa kajian yang digelar dua kali dalam sebulan, dan terbuka untuk umum. Di selenggarakan di Mushola Al Ikhlas, Jalan Puri Bintaro PB 18-19-20, Bintaro Jaya sektor 9, Tangerang Selatan.

Kemudian ada kajian rutin tema khusus parenting, satu bulan sekali. Selanjutnya ada Taklim Anakku khusus untuk anak-anak, serta Taklim Remaja yang dikhususkan untuk anak usia remaja. Keduanya berjalan satu bulan sekali dan waktunya khusus weekend.

Cerita 2 Dekade Majelis Taklim Khoirotunnisa Bintaro
Kegiatan saat kajian MTK. Foto: dok

Selain itu ada juga Kelas Lanjutan, kelas yang sengaja diadakan bagi Muslimah yang ingin mempelajari lebih dalam tentang sebuah ilmu atau tema.

Koordinator Kelas Lanjutan di MT Khoirotunnisa, Irma Devita menjelaskan, “Tiap Kamis kajian umum membahas satu tema secara umum, tapi kalau mau melanjutkan lebih fokus bisa bergabung di kelas lanjutan, ada paketnya.”

Kelas lanjutan yang sudah berjalan, jelas Irma seperti Kelas Fiqih, Kelas Tadabur Quran dan lainnya. Untuk kelas ini jamaah diminta komitmennya dengan cara membayar nominal yang telah ditentukan dan ada pengajar khusus.

“Berbayar karena diminta komitmennya. Hingga kini yang sudah berjalan (kelas) Fiqih Wanita, dan lagi berjalan kelas Waris dan Tadabur. Untuk tadabur ada per surah dan tadabur per juz. Ada juga kajian surat Al Kahfi tapi sudah selesai dan sekarang kelas surat Al Mulk, ini per paket,” jelas Irma.

Cerita 2 Dekade Majelis Taklim Khoirotunnisa Bintaro
Pengurus inti MT Khoirotunnisa. Foto: dok MT Khoirotunnisa

Pandemi Membawa Berkah


Masa pandemi covid yang menyebabkan lockdown di mana-mana tidak melulu menorehkan cerita sedih. Bagi MT Khoirotunnisa justru membawa berkah tersendiri. Salah satunya menyebar jangkauan majelis taklim ini lebih luas lagi.

“Pandemi membawa berkah sendiri. Semua berubah saat pandemi karena tidak bisa kajian tatap muka langsung jadi kami menggelar kajian online. Saat itu jangkauan lebih luas, banyak jamaah kita dari berbagai kota bahkan ada yang dari Australia,” ujar Lia.

Dampak dari kajian offline itu dirasa cukup besar. Kini MT Khoirotunnisa memiliki jamaah Muslimah dari berbagai wilayah, tidak hanya warga Bintaro saja. Bahkan untuk pengurus dan volunteer sendiri banyak dari luar Bintaro.

Namun begitu Lia mengaku tidak mau jumawa, sebab sejak awal ia dan teman-teman pengurus lainnya mendirikan majelis taklim ini dengan tujuan amal jariyah.

Cerita 2 Dekade Majelis Taklim Khoirotunnisa Bintaro
Saat kajian di Taklim Remaja. Foto: dok

Hal tersebut disampaikan Lia sekaligus ia mengutip pesan dari Ustazah Nuri Izzah dalam tausyiahnya.
“Kita tidak bisa lihat suksesnya sebuah kajian berdasarkan berapa yang datang, justru ujian kita bila yang datang sedikit, apakah kita tetap ikhlas dan istiqomah mengingat ini (kajian) tetap bermanfaat atau tidak atau apakah kita lalu patah semangat.”

Tapi, lanjutnya, yang penting tetap istiqomah. “Kita dikasih sedikit (yang datang) supaya tidak sombong sebagai pengelola kajian, atau kalau banyak yang datang tetap rendah hati. Sebab banyak atau sedikitnya jamaah itu bukan sebuah penilaian.”

Selama lebih dari dua dekade MT Khoirotunnisa berjalan, telah terjadi beberapa kali pergantian pengurus. Hal ini merupakan hal wajar terjadi, sebab tidak dapat dipungkiri tiap orang memiliki kesibukan masing-masing.

“Tidak apa-apa buat saya, yang penting rodanya terus bergerak tidak harus dengan orang yang sama. Siapa yang mengendalikan itu urusan Allah,” ucap Lia

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan