Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Bimtek Tahap 2 Tetapkan Psikologi Industri Kreatif Jadi Keistimewaan Prodi Psikologi UMJT

tim langit 7 Rabu, 03 Juli 2024 - 16:01 WIB
Bimtek Tahap 2 Tetapkan Psikologi Industri Kreatif Jadi Keistimewaan Prodi Psikologi UMJT
LANGIT7.ID-Madiun; Upaya percepatan perubahan Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) menjadi Universitas Muhammadiyah Jawa Timur (UMJT) terus dikebut. Salah satu kegiatan percepatan ini, Tim Task Force Akselerasi Penggabungan/Penyatuan Perguruan Tinggi Swasta (APPPTS) UMMAD menjadi UMJT menggelar bimtek pembentukan UMJT tahap kedua.

Di tahap ini, Bimtek membahas pengelolaan pengajaran Prodi Psikologi UMJT dengan menghadirkan nara sumber guru besar psikologi Unair, Prof Dr, Fendy Suhariadi M.T.

Kegiatan yang digelar di ruang rapat kampus 1 UMMAD Selasa (2/7/2024) ini diikuti 15 anggota tim Task7 Force APPPTS UMMAD yang terlibat pengelolaan Prodi Psikologi UMJT. Ikut hadir pula sebagai tim penyusun materi pengelolaan pengajaran Prodi Psikologi UMJT dalam Bimtek ini, Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum serta Dekan FISIP UMMAD, Dr. Daliman.SU.

Ada juga peserta 6 dosen 2 tendik, dan 4 dosen prodi psikologi juga turut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Saat proses Bimtek yang dilakukan dengan model diskusi, nara sumber Bimtek, Prof. Dr. Fendy Suhariadi M.T secara khusus mendorong agar Prodi Psikologi UMJT memiliki keistimewaan ataupun ciri khusus agar tidak sama dengan Prodi Psikologi universitas lain.

Muncul pemahaman mengenai Psikologi Kewirausahaan yang menjadi ciri khas Prodi Psikologi UMJT mengingat UMMAD memiliki Prodi Biokewirausahaan.

“(UMMAD) ini ada Prodi Biokewirausahaan. Ini menarik, bisa diajak Kerjasama,” kata Prof Fendy saat diskusi.

Prof. Fendy melanjutkan, Ketika sudah ada ciri khas yang dimiliki maka harus ada hal-hal yang ditawarkam. Diibaratkan orang yang berjualan nasi goreng special tentu harus ada hal Istimewa yang ditawarkan kepada pembeli.

“Karena Madiun banyak UMKM, maka spesialnya disitu (Psikologi Wirausaha),” ujarnya.

Prof. Harun Joko menambahkan pandangan Prof Prayitno dengan menyampaikan usulan opsi ‘Psikologi Industri Kreatif” sebagai ciri khas Prodi Psikologi UMJT.

“Psikologi Industri Kreatif juga menarik. Kalau wira usaha terlalu kecil (pemahamannya). Industri kreatif bisa mencakup lebih luas (pengetahuannya),” kata Direktur Akademik UMMAD tersebut.
Dalam Bimtek ini juga telah berhasil membuat kesepakatan mengenai 10 mata kuliah yang menjadi penekanan dari keistimewaan Prodi Psikologi UMJT sebagai Prodi Psikologi industri Kreatif.

Koordinator pendirian Prodi Psikologi UMJT, Ravhida Anniza Andyani, M.Stat mengatakan, 10 mata kuliah yang disepakati untuk memunculkan keistimewaan dari Psikologi Industri Kreatif itu adalah Psikologi Kewirausahaan, Manajemen SDM, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pemasaran, Penilaian Kerja, Work Assessment, Desain Pelatihan.

"Lalu mata kuliah Teknik Komunikasi dan Negosiasi, Psikologi Komunitas, serta Budaya Organisasi," jelas tenaga pengajar Prodi Ilmu Aktuaria UMMAD itu.

Kurikulum

Dalam Bimtek 2 APPPTS dibahas pula penjabaran kurikulum Prodi Psikologi UMJT dengan menggunakan substansi pembentukan kurikulum dari beberapa panduan.

Yaitu dari Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) kemudian dari sumber pemerintah melalui UU Psikologi dan juga sumber kurikulum dari universitas dalam hal ini dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Materi pembahasan lain dalam Bimtek ini adalah jumlah mata kuliah yang akan diajarkan di Prodi Psikologi UMJT yang mencapai 60 mata kuliah dengan sebanyak 146-148 SKS serta 5 mata kuliah pilihan (minimal 3 mata kuliah harus dipilih mahasiswa).

Selain itu, dibahas mengenai struktur organisasi dari Prodi Psikologi UMJT yang akan bergabung dengan fakultas tertentu yang namanya masih akan melihat perkembangan ke depan dari pembahasan prodi-prodi baru lainnya yang ada di UMJT seperti prodi Hukum dan yang lainnya.

Tindak lanjut

Setelah dilakukan Bimtek APPPTS UMMAD menjadi UMJT ini, tindak lanjut yang dilakukan adalah mengumpulkan revisi borang.
Khusus untuk Prodi Psikologi UMJT maka maksimal hingga tanggal 10 Juli nanti sudah tercapai hasil 90 persen materi pengelolaan pengajarannya termasuk penjabaran 10 mata kuliah yang ditekankan di Prodi Psikologi UMJT.

Harapannya pada tanggal 10 Juli, sudah bisa upload borang akreditasi awal ke Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (*)

(lam)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan