Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home global news detail berita

1.800 Partisipan Bakal Hadiri Forum Lintas Agama dan Peradaban Bersama Grand Syekh Al-Azhar

tim langit 7 Rabu, 10 Juli 2024 - 08:00 WIB
1.800 Partisipan Bakal Hadiri Forum Lintas Agama dan Peradaban Bersama Grand Syekh Al-Azhar
Grand Syekh Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb saat baru tiba Pusat Studi Al-Quran (PSQ) di South City, Tangerang Selatan pada Selasa (9/11/2024) hari ini. (Foto: dok. PSQ)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ulil Abshar Abdalla (Gus Ulil) menyebut, forum lintas agama dan peradaban atau Interfaith and Intercivilizational Reception bersama Grand Syekh Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb akan dihadiri ribuan partisipan.

Menurutnya, sekitar 1.800 partisipan akan hadir dalam forum di Hotel Pullman Jakarta Central Park, Jakarta Barat pada Rabu (10/7/2024) hari ini.

“Akan hadir 1.800 undangan dalam acara yang berjudul Interfaith and Intercivilizational Reception besok itu,” kata Gus Ulil saat dikonfirmasi NU Online, Selasa (9/7/2024).

Baca juga:Grand Syekh Al Azhar Berkunjung ke Indonesia, Menag: Kunjungan Penuh Makna

Gus Ulil mengatakan, forum tersebut akan dihadiri oleh perwakilan tokoh dan umat dari lima agama yakni Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Adapun tokoh agama yang dijadwalkan hadir di antaranya Kardinal Ignatius Suharyo (Katolik), Bhante Pannavaro (Buddha), dan Pendeta Gomar Gultom (Kristen Protestan).

Gus Ulil menjelaskan, agenda tersebut ditujukan untuk menyambut kedatangan Grand Syekh Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb. Pertemuan ini juga untuk mengapresiasi peran penting Grand Syekh Al-Azhar dalam membangun hubungan harmonis antaragama, utamanya antara Islam dan Kristen.

“Pertemuan besok adalah untuk untuk menyambut kedatangan Grand Syekh Azhar sebagai sosok yang punya peran penting dalam membangun hubungan yang harmonis antara dunia Islam dan dunia Kristen,” terang Gus Ulil.

Upaya Grand Syekh Al-Tayeb dalam membangun harmoni antaragama tersebut, lanjut Gus Ulil, kian kentara setelah Grand Syekh Al-Tayeb bersama Imam Katolik Dunia Paus Fransiskus menandatangani dokumen Persaudaraan Kemanusiaan untuk Perdamaian pada Februari 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Dokumen ini merupakan simbol penting dalam upaya memperkuat perdamaian dan persaudaraan antaragama. ad Ia juga menyebut bahwa PBNU menghargai upaya Grand Syekh Al-Tayeb dalam menyebarkan gagasan wasathiyah al-Islam atau moderasi Islam.

"Corak Islam yang dikembangkan oleh al-Azhar selaras dengan corak Islam Nusantara yang berkembang di Indonesia," ujar Gus Ulil. Sebagai informasi, Grand Syekh Al-Tayeb tengah melakukan kunjungan ke Indonesia selama empat hari, sejak 8 hingga 11 Juli 2024.

Grand Syekh mengisi Kuliah Umum di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang lanjut dengan kunjungan ke Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) di Tangerang Selatan, Banten, pada Selasa (9/7/2024).

Selanjutnya, ia akan bertolak menghadiri Interfaith and Intercivilizational Reception yang digelar Rabu (10/7/2024) besok. Syekh Al-Tayeb juga dijadwalkan akan menyampaikan pidato serta menerima penghargaan dari PBNU

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan