Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 19 September 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Guru Besar UI Sebut Pendidikan Inklusif Berkelanjutan Kunci Indonesia Maju 2045

esti setiyowati Senin, 16 September 2024 - 15:00 WIB
Guru Besar UI Sebut Pendidikan Inklusif Berkelanjutan Kunci Indonesia Maju 2045
IPB University menggelar kegiatan the 45th Strategic Talk dengan pembahasan pentingnya pendidikan inklusif untuk keberlangsungan Indonesia Maju 2045
langit7-Jakarta,- - IPB University menggelar kegiatan the 45th Strategic Talk dengan pembahasan pentingnya pendidikan inklusif untuk keberlangsungan Indonesia Maju 2045 pada Jumat (12/9/2024) di IPB International Convention Center.

Dalam sambutannya, Rektor IPB University Prof Arif Satria mengutarakan bahwa pendidikan inklusif menjadi pondasi utama dalam menopang cita-cita Indonesia maju 2045 mendatang.

"Pendidikan ini menjadi modal penting kalau kita ingin menjadi negara besar pada tahun 2045. Kita ingin menjadi nomor 4 didunia," kata Prof Arif Satria.

Baca juga:Pendidikan Akhlak Jadi Fondasi Kokoh Cegah Kejahatan Anak

Seminar nasional ini menghadirkan berbagai pemimpin akademis, termasuk Prof Riri Fitri Sari, Guru Besar Teknik Komputer Universitas Indonesia dan Ketua UI GreenMetric yang juga calon kuat Rektor UI berikutnya.

Sebagai salah satu pembicara kunci, Riri Fitri menyampaikan bahwa pendidikan berkelanjutan menjadi bagian penting dari pendidikan inklusif.

"Perguruan tinggi memiliki tanggung jawab untuk menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam semua aspek akademis dan operasional, seperti penelitian, pengajaran, dan pengabdian masyarakat," ungkap Riri dalam presentasinya berjudul Peran dan Tanggung Jawab Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Pendidikan yang Berkelanjutan.

Lebih lanjut, Riri menekankan pentingnya akses yang setara bagi semua individu dalam mendapatkan pendidikan berkualitas.

"Kita harus memastikan setiap anak, tanpa memandang latar belakang atau kondisi fisik, memiliki kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang," ungkapnya, menyoroti peran pendidikan inklusif dalam menciptakan masyarakat yang lebih adil.

Baca juga:Field Trip Seru: Ridhoka Salma Ajak Siswa MI Mathlaul Ulum Belajar Kesehatan

Riri juga ingin memastikan bahwa pendidikan tidak hanya menghasilkan lulusan dengan pengetahuan akademis yang kuat, tetapi juga dengan kesadaran sosial yang tinggi serta kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan global. Selain itu Riri juga menggarisbawahi peran pendidikan inklusif dalam membentuk karakter.

Dalam sesi diskusi, Riri juga menyoroti perlunya integrasi nilai-nilai keberlanjutan dalam kurikulum pendidikan tinggi.

“Penelitian di perguruan tinggi harus diarahkan untuk menemukan solusi inovatif terhadap tantangan global seperti krisis iklim, polusi, dan ketimpangan sosial. Ini adalah tanggung jawab kita sebagai lembaga akademik,” tegasnya.

Sebagai penutup, Riri menyatakan bahwa pendidikan berkelanjutan merupakan pondasi bagi kemajuan bangsa.

"Pendidikan berkelanjutan ini menjadi kunci jika kita ingin mencapai Indonesia yang maju pada tahun 2045," pungkasnya.

Acara ini menegaskan komitmen perguruan tinggi di Indonesia dalam mendukung pembangunan berkelanjutan, di mana pendidikan berkelanjutan yang memadukan pengetahuan, teknologi, dan karakter menjadi elemen penting yang harus diintegrasikan.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 19 September 2024
Imsak
04:19
Shubuh
04:29
Dhuhur
11:50
Ashar
15:01
Maghrib
17:52
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan