LANGIT7.ID-, Jakarta- - Dunia balap mobil sport bakal kedatangan pemain baru yang mengguncang panggung. Toyota Gazoo Racing North America (TGRNA) baru saja meluncurkan GR Corolla TC, mobil balap dengan sistem penggerak all-wheel drive (AWD) yang sudah lama absen di arena balapan.
TGRNA berhasil menjalin kesepakatan khusus dengan SRO Motorsports Group America, penyelenggara seri TC America. Mulai 2025, SRO akan menggabungkan kelas TC dan TCX, membuka peluang lebih luas bagi inovasi desain mobil.
GR Corolla TC memakai mesin tiga silinder turbo 1,6 liter dan transmisi otomatis 8 percepatan baru dari versi jalan rayanya. Kombinasi ini dipasangkan dengan sistem AWD "GR-Four" unik yang menggunakan clutch pack alih-alih differential tengah untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang. Matt Anderson dari TGRNA mengungkapkan bahwa GR Corolla TC akan dihomologasi dengan pembagian torsi depan-belakang yang tetap.
Baca juga:
Toyota Prius 2024 Ditantang Honda Civic Hybrid 2025, Siapa Menang?Meski komponen drivetrain GR Corolla TC berasal dari versi jalan raya, termasuk differential Torsen depan dan belakang, sistem kontrolnya dibuat khusus. TGRNA mengadopsi sistem manajemen mesin dan ABS dari Bosch untuk kendali traksi dan ABS yang lebih presisi dan berorientasi balap. Tim insinyur GR Corolla di Jepang juga berkolaborasi dengan TGRNA untuk menyinkronkan mesin, transmisi otomatis, dan sistem AWD dengan unit kontrol Bosch.
Suspensi GR Corolla TC menggunakan geometri dasar yang sama dengan versi jalan raya, namun dilengkapi peredam JRi yang bisa disetel dan rem Alcon. Tak ketinggalan roll cage standar FIA, interior yang distriping total, kursi bucket OMP, sabuk pengaman enam titik, dasbor digital Bosch, dan panel kontrol TGRNA untuk berbagai fungsi kendaraan. Setirnya pun sama dengan yang dipakai di mobil Supra GT4.
Baca juga:
Kejutan! Toyota GR86 2025 Bakal Adopsi Mesin Turbo Hybrid 300 HPGR Corolla TC juga tampil dengan komponen aerodinamika baru, termasuk sayap besar di bagian belakang. Baik pada versi jalan raya maupun balap, bagian belakang terbuat dari material komposit. TGRNA harus merancang braket khusus yang dipasang di kaca belakang untuk menopang sayap tersebut.
Di ajang SRO TC America tahun depan, GR Corolla TC akan bersaing dengan beragam mobil, mulai dari Civic Type R penggerak roda depan hingga BMW M2 penggerak roda belakang. Seperti kebanyakan seri balap mobil sport, SRO akan menerapkan sistem Balance of Performance untuk menyeimbangkan persaingan antar mobil yang berbeda-beda. Harga GR Corolla TC belum diumumkan, tapi dipastikan akan lebih mahal dari GR86 Cup buatan TGRNA yang dibanderol $132.000. (motor1)
(lam)