LANGIT7.ID-, Surabaya- - Badan Pelaksana Pengelola (BPP) Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) membuka “Sentra Pelayanan Masjid” (SPM) untuk masyarakat. Sentra pelayanan tersebut dimulai 11 November 2024 (11-11-2024) dari jam 08.00 sampai jam 16.00 WIB.
“Segala bentuk pelayanan kepada masyarakat bisa dilayani di sini, baik administrasi, sewa fasilitas, kunjungan/studi, dan sebagainya,” kata Kasi Usaha dan Humas BPP MAS, Agoes Suroso.
Di SPM, jamaah bisa mengurus berbagai bentuk pelayanan penggunaan fasilitas MAS. Misalnya sewa gedung pertemuan/pernikahan, konsultasi kunjungan/studi tiru, ikrar mualaf, penggunaan fasilitas taman/ruang publik, kunjungan wisata religi/edukasi lingkungan, dan sebagainya.
SPM MAS juga dilengkapi dengan fasilitas digital yang dapat menayangkan berbagai fasilitas masjid, seperti beberapa taman (Taman Asmaul Husna untuk acara/lomba, Taman Peradaban untuk edukasi bangunan ikon per daerah, Taman GenZI/ngobrol-ngopi, dan sebagainya).
Baca juga:
Masjid Bebek Sinjay: Diresmikan Gubernur, Fasilitasnya Bikin Jamaah Nyaman Ibadah“Ada juga tayangan digital untuk Hall/Ballroom/Aula untuk acara resmi publik/eksternal dengan dua ruangan yakni Grand Ballroom Asshofa dan Grand Ballroom Almarwah. Ruangan ini digunakan untuk acara resepsi pernikahan, pengajian, seminar, manasik haji/umroh, rapat umum, pameran, pentas musik-musik Islami, dan kegiatan lain,” katanya.
Untuk tayangan digital terkait fasilitas wisata yang bukan taman juga ada, yakni Menara 99m atau menara setinggi 99 meter untuk melihat “view of Surabaya from the top” (Pemandangan Surabaya dari Atas), Air Mancur untuk selfie (instagrammable), Galeri Sarung/Souvenir, Green Toilet (539 Kran Wudhu dengan konsep “green”), dan foodcourt/kuliner.
“Semua fasilitas yang ada bisa dikonsultasikan di SPM, termasuk jadwal kunjungan untuk studi tiru atau studi banding, bahkan bertemu dengan teman-teman Remaja Masjid dan GenZI MAS juga bisa diagendakan, misalnya kegiatan pelatihan manajemen masjid atau dai berbasis digital,” katanya.
Sementara itu, Ketua Remaja Masjid dan GenZI MAS, Maula Azka, menjelaskan Masjid Al-Akbar (MAS) memang memiliki ikon kegiatan Remaja Masjid dan GenZI (Generasi Z Islami) sejak tahun 2020, yang saat ini sedang proses pembuatan video aktivitas GenZI MAS.
“Ada tiga pilar kegiatan MAS “Ramah” GenZI yakni GenZI Dakwah, GenZI Digital, dan GenZI Enterpreneur. Untuk GenZI Dakwah ada Majelis Subuh GenZI atau MSG yang merupakam kajian rutin bulanan dengan mengundang dai seperti ustadz Hanan Attaki, Habib Ja’far, Gus Iqdam, Kadam Sidik, Umi Laila, Oki Setiana Dewi, dan dai milenial lainnya,” katanya.
Untuk pilar GenZI Digital, ada ruang Studio Dakwah Digital sebagai ruang publikasi digital terkait dakwah/syiar dan dokumen/data digital yang merambah ke website dan media sosial (FB, Ig, YouTube, QR Code, podcast, TikTok), Diorama Tafsir Digital, virtual tour melalui https://www.masjidalakbar.or.id/virtualtour/ dan Lomba Vlog.
“Untuk pilar GenZI Entrepreneur ada pelatihan konten kreatif yang marketable, pelatihan manajemen masjid berbasis digital, bimtek digital marketing/entrepreneurship, dan GenZI-preneur Academy atau Pesantren Digipreneurs Al-Yasmin,” katany
(ori)