alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home home & garden detail berita
Jangan Asal-asalan, Ini 5 Aturan Kamar Mandi yang Baik dan Islami
muhammad rifai akif Rabu, 15 Desember 2021 - 15:43 WIB
Jangan Asal-asalan, Ini 5 Aturan Kamar Mandi yang Baik dan Islami
Kamar mandi yang cantik dan estetik. Foto: LANGIT7/iStock
LANGIT7.ID - , Jakarta - Islam identik dengan sesuatu yang putih, bersih, dan wangi. Tak terkecuali untuk kamar mandi, ruang dalam rumah yang selalu dinomorduakan dalam soal rancangan dan pembangunannya.

Padahal kamar mandi adalah tempat dimana kita membersihkan diri dari segala kotoran dan najis. Karena itu saat membangun rumah, sebaiknya mulai diperhatikan desain dan bentuk kamar mandi.

Baca juga: Hindari Menyimpan 7 Benda Ini di Kamar Mandi

Bagi umat Islam ada beberapa aturan kamar mandi yang baik.

1. Kloset tidak menghadap kiblat

Kamar mandi atau toilet yang baik menurut Islam adalah yang tidak menghadap atau membelakangi kiblat. Mengutip dari Jatim NU, dimana Ustadz Ma'ruf Khozin menjelaskan hadits mengenai tata cara bersuci dari najis karena buang air atau besar.

عن ﺃﺑﻲ ﺃﻳﻮﺏ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ (ﺇﺫا ﺃﺗﻴﺘﻢ اﻟﻐﺎﺋﻂ ﻓﻼ ﺗﺴﺘﻘﺒﻠﻮا اﻟﻘﺒﻠﺔ ﻭﻻ ﺗﺴﺘﺪﺑﺮﻭﻫﺎ ﺑﺒﻮﻝ ﻭﻻ ﻏﺎﺋﻂ ﻭﻟﻜﻦ ﺷﺮﻗﻮا ﺃﻭ ﻏﺮﺑﻮا) ﺭﻭاﻩ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻭﻣﺴﻠﻢ

Artinya: Dari Abu Ayyub bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda: Jika kalian buang air jangan menghadap ke kiblat atau membelakanginya dengan kencing dan buang air besar, tapi menghadaplah ke timur atau barat. (HR Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan hadist tersebut, saat memasang kloset hendaknya tidak menghadap atau membelakangi kiblat, melainkan miring ke kiri atau kanan.

Bila kemudian luas tanah tidak mencukupi untuk kamar mandi tidak menghadap kilbat, bisa disiasati dengan membuatnya miring tanpa harus menghadap atau membelakangi kiblat.

Kiblat merupakan arah pusat salat bagi umat Muslim, karenanya hal tersebut berhubungan dengan adab Islam.

2. Pintu kamar mandi jangan berhadapan langsung dengan dapur

Jangan Asal-asalan, Ini 5 Aturan Kamar Mandi yang Baik dan Islami


Hindari meletakkan pintu kamar mandi berhadapan langsung dengan dapur. Pasalnya, kamar mandi merupakan tempat membersihkan kotoran, najis dan juga tempat membuang hajat. Hal tersebut bertolak belakang dengan dapur sebagai ruangan yang berhubungan dengan makanan.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan meletakkan kloset baik jongkok maupun duduk. Hindari untuk meletakkan kloset tepat di depan pintu kamar mandi.

3. Penerangan yang baik

Jangan Asal-asalan, Ini 5 Aturan Kamar Mandi yang Baik dan Islami


Dalam Islam, kamar mandi atau toilet dipercaya menjadi tempat yang disukai jin atau setan. Selain diwajibkan membaca doa saat masuk kamar mandi, Anda juga harus memasang penerangan dengan baik.

Anda bisa meletakkan lampu putih day ligt untuk memberi penerangan yang baik. Sedangkan untuk di depan kamar mandi, Anda bisa memilih lampu warna kuning atau lainnya. Terpenting di dalam kamar mandi diusahakan penerangannya cukup.

4. Sirkulasi udara yang cukup

Jangan Asal-asalan, Ini 5 Aturan Kamar Mandi yang Baik dan Islami


Seperti dijelaskan sebelumnya, kamar mandi merupakan tempat buang hajat dan membersihkan najis. Tak heran bila kamar mandi identik dengan bau tak sedap. Agar terhindar dari masalah itu, Anda bisa membuat sirkulasi udara yang baik. Sehingga bau kotoran bisa dibuang ke luar. Selain itu, udara dalam kamar mandi pun jadi tidak pengap.

Bila ruang untuk jendela sebagai sirkulasi tidak cukup, Anda bisa menggantinya dengan exhaust fan. Terpenting ventilasi udara dibuat sebaik mungkin untuk siklus keluar masuk udara.

Baca juga: 10 Adab Gunakan Kamar Mandi dalam Islam, Jangan Hadap Kiblat

5. Pisahkan kamar mandi keluarga dan tamu

Jangan Asal-asalan, Ini 5 Aturan Kamar Mandi yang Baik dan Islami


Pemisahan ini diterapkan untuk menjaga privasi keluarga, karena sifat kamar mandi yang sangat pribadi. Terlebih bila rumah Anda sering kedatangan tamu. Selain itu, pemisahan ini memudahkan Anda untuk tidak merapikan kamar setiap ada tamu yang datang.

Nah, semoga informasi letak kamar mandi sesuai anjuran agama Islam bisa bermanfaat untuk Anda.
(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Baqarah:14 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
وَاِذَا لَقُوا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قَالُوْٓا اٰمَنَّا ۚ وَاِذَا خَلَوْا اِلٰى شَيٰطِيْنِهِمْ ۙ قَالُوْٓا اِنَّا مَعَكُمْ ۙاِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِءُوْنَ
Dan apabila mereka berjumpa dengan orang yang beriman, mereka berkata, “Kami telah beriman.” Tetapi apabila mereka kembali kepada setan-setan (para pemimpin) mereka, mereka berkata, “Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok-olok.”