alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home home & garden detail berita
Bikin Betah, Ini 7 Manfaat dan Ide Desain Kolam Ikan Koi di Rumah
muhammad rifai akif Jum'at, 24 Desember 2021 - 11:38 WIB
Bikin Betah, Ini 7 Manfaat dan Ide Desain Kolam Ikan Koi di Rumah
Taman ala Jepang dengan kolam ikan koi. Foto: LANGIT7/iStock
LANGIT7.ID - , Jakarta - Koi merupakan jenis ikan hias yang karakteristiknya mirip dengan ikan mas. Dalam sejarahnya banyak pendapat yang mengatakan ikan ini berasal dari Jepang, karena melihat dari asal kata goi.

Namun, sejatinya ikan koi ini berasal dari Cina, tapi perkembangbiakannya bermula dari Negeri Matahari Terbit.

Ikan koi sendiri dibawah oleh petani yang bermigrasi dari Cina ke Jepang di abad ke-17. Mereka memiliki budaya untuk membawa bekal ikan koi untuk diternak, agar bisa membantu ketika hasil tani nya gagal. Di Jepang, khususnya masyarakat di Pegunungan Ojiya, Nigata tertarik untuk membudidayakan ikan koi.

Baca juga: Jalankan Bisnis dari Hobi Ikan Koi, Dapat Untung dan Kepuasan

Sebelum menjadi ikan hias, awalnya koi menjadi makanan untuk dikonsumsi. Namun, setelah bertahun-tahun penduduk Jepang membudidayakan ikan yang bercorak ini, menyadari nilai seni dan estetika dari koi.

Keindahan koi berawal dari ketidaksengajaan dengan persilangan untuk mendapat corak yang cantik dan menarik. Hingga saat ini kurang lebih ada sekitar 16 jenis ikan koi yang ada di dunia.

Manfaat memelihara ikan koi
Memelihara ikan koi di rumah ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya. Antara lain mengurangi strees, menambah nilai estetika hunian, juga mengisi waktu luang.

Selain manfaat tadi ada juga keberkahan yang didapat dari memelihara hewan di rumah. Sebagai muslim, mengharapkan keberuntungan dan rezeki tentu tidak boleh berharap kepada apapun selain kepada Allah SWT. Namun memelihara dan menyayangi makhluk hidup juga akan mendapatkan keberkahan dan rahmat bagi pemiliknya.

Seperti tertulis dalam sebuah hadist berikut :
“Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Tak hanya itu, memelihara koi pun bisa mendatangkan keuntungan dengan menjualnya. Terlebih lagi harga ikan koi terbilang fantastis. Tercatat saat ini ikan koi bernama S denngan pola warna merah dan putihnya yang terbentuk sempurna yang dihargai Rp25 miliar.

Dengan segudang manfaatnya di atas, Anda tentu akan tertarik untuk memelihara ikan koi. Namun untuk tempat dan desainnya apakah sudah terpikirkan? Jika belum, berikut adalah contoh-contoh desain unik dari kolam ikan koi, ada yang tidak membutuhkan ruang yang besar.

1. Maksimalkan samping rumah

Bikin Betah, Ini 7 Manfaat dan Ide Desain Kolam Ikan Koi di Rumah


Ruang samping rumah yang belum tergarap maksimal, bisa juga dimanfaatkan untuk dibuat kolam ikan koi. Penempatan kolam di samping rumah dapat membuat rumah menjadi seperti punya dimensi sendiri jika berada di situ.

2. Kolam di halaman depan

Bikin Betah, Ini 7 Manfaat dan Ide Desain Kolam Ikan Koi di Rumah


Apakah Anda punya halaman depan rumah yang belum tergarap maksimal? Jika iya cobalah buat kolam ikan koi di tempat tersebut. Selain menambah nilai estetika, hadirnya ikan koi bisa jadi hiburan bagi tamu yang berkunjung.

3. Keindahan di dalam rumah

Bikin Betah, Ini 7 Manfaat dan Ide Desain Kolam Ikan Koi di Rumah


Membuat kolam ikan koi tidak harus di area luar. Bagian dalam rumah pun bisa digarap. Area bawah tangga bisa Anda maksimalkan untuk membuat kolam ikan koi, agar tidak jadi ruang kosong tanpa manfaat.

4. Berdiri di atas lahan sempit

Bikin Betah, Ini 7 Manfaat dan Ide Desain Kolam Ikan Koi di Rumah


Ingin memiliki kolam ikan koi, tapi tidak punya lahan yang cukup luas. Maka hal itu tidak menjadi halangan, karena dengan lahan kecil pun, kolam ikan koi bisa dibuat dengan cantik.

5. Kolam ikan timbul

Bikin Betah, Ini 7 Manfaat dan Ide Desain Kolam Ikan Koi di Rumah


Jika Anda termasuk orang yang ingin melihat ikan koi seluruh badan. Maka bentuk kolam ikan koi yang timbul menjadi jawabannya. Dengan ornamen kaca seperti akuarium, kolam ikan koi bisa terwujud. Bahkan bagian atas kolam bisa juga digunakan sebagai tempat duduk bersantai.

6. Kolam akuarium

Bikin Betah, Ini 7 Manfaat dan Ide Desain Kolam Ikan Koi di Rumah


Masih untuk menjawab permasalahan lahan dan ruang di dalam rumah yang tidak memadai. Kolam seperti akuarium seperti model ini bisa menjadi jawaban yang tepat.

Baca juga: Santri ini Sukses Hasilkan Rp1 Miliar dari Bisnis Ikan Koi dan Bibit Tanaman

Dinding kaca membuat Anda tidak perlu lagi menyediakan lahan tambahan layaknya di kolam yang biasanya diisi dengan taman. Walaupun dengan lahan seadanya tetap membuat nilai-nilai manfaat dari memelihara ikan koi tidak berkurang.

7. Oase di dalam rumah

Bikin Betah, Ini 7 Manfaat dan Ide Desain Kolam Ikan Koi di Rumah


Kolam ikan koi juga bisa dimasukkan ke dalam bagian dari desain rumah. Menggunakan lahan terbatas dengan memanfaatkan sirkulasi pencahayaan rumah yang baik, membuat kolam ikan koi di dalam rumah menjadi sangat menarik.

Bagaimana Sahabat Langit7, sudah siap memiliki kolam ikan koi di dalam rumah? Kembangkan ide kreatif Anda setelah melihat pilihan inspirasi model kolam ikan koi ini. Semoga artikel ini bermanfaat dalam mewujudkan kolam ikan koi idaman Anda!
(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. An-Nisa':59 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا ࣖ
Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.