alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home home & garden detail berita
Usir Penat dengan Hadirkan Taman Jepang di Rumah Tengah Kota
muhammad rifai akif Jum'at, 31 Desember 2021 - 13:39 WIB
Usir Penat dengan Hadirkan Taman Jepang di Rumah Tengah Kota
Sudut rumah yang dimanfaatkan untuk taman ala Jepang. Foto: Pinterest
LANGIT7.ID - , Jakarta -
Memiliki taman tradisional khas Jepang merupakan idaman sebagian orang. Taman Jepang identik dengan ketenangan dan kedamaian batin. Zaman dahulu, taman di Jepang menjadi komponen spiritual, karena itu dikonsep dibuat dengan tenang dan damai.

Karena mengedepankan prinsip ketenangan dan kedamaian, membuat banyak rumah di tengah kota yang membuat taman khas Jepang di dalamnya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan ketenangan dan kedamaian sekalipun tinggal di tengah kota.

Prinsip taman Jepang adalah desain taman berupa batu (kecil dan besar), air, tanaman, dan ornamen seperti kayu. Pemilihan dan pengaturannya tunduk pada prinsip kesederhanaan, penghematan, tidak adanya kepalsuan, kelembutan & simbolisme, dan kedamaian.

Prinsip berkolaborasi menciptakan keseimbangan dan ekspresi di taman Jepang. Beberapa elemen yang terdapat dalam taman Jepang seperti di bawah ini:

1. Bebatuan

Bebatuan dalam desain taman Jepang adalah elemen utama. Penempatan batu menciptakan keseimbangan dan ruang luar dengan harmoni dan keindahan. Batu dasar tersebut adalah batu tegak tinggi, batu tegak rendah, batu lengkung, batu rebah, dan batu mendatar.

Baca juga: Manfaat Ganda Gazebo di Halaman Rumah

Batu dapat ditempatkan sebagai pahatan, dipasang pada latar belakang dengan cara dua dimensi, atau digunakan sebagai batu loncatan atau jembatan.

2. Air atau kerikil

Elemen air memainkan peran penting dalam desain taman Jepang. Air dapat direpresentasikan dengan area kerikil atau pasir sebagai ganti air.

Aliran deras dapat diwakili dengan menempatkan kerikil sungai datar berdekatan. Aliran air, suara dan penampilannya, mengingatkan kita akan perjalanan waktu yang terus-menerus.

Jembatan yang melintasi aliran air adalah ide lansekap indah yang melengkapi desain taman filosofis Jepang. Dalam filosofi taman Jepang, jembatan jadi bentuk simbolis ke dunia lain.

3. Tanaman dan bunga

Elemen selanjutnya adalah tanaman dan bunga. Pohon, semak belukar dan bunga melambangkan pergantian musim dalam taman Jepang. Beberapa tanaman asli di taman Jepang adalah pinus, ceri, dan bambu (pengembangan dari taman oriental). Tetapi penggunaan tanaman asli di daerah Anda memberikan karakter unik pada desain taman Jepang Anda.

4. Ornamen lain

Elemen yang satu ini merupakan tambahan dan bukanlah elemen penting, tapi keberadaannya bisa menambah menarik suasana di taman. Ornamen ini seperti lentera batu, air mancur, batang kayu untuk pagar batu kerikil, dan lain-lain.

Memiliki taman Jepang memiliki persepsi harus disertai dengan lahan yang luas, karena harus memenuhi komponen-komponen yang telah disebutkan. Padahal untuk lahan yang sedang juga bisa mewujudkan taman Jepang, jika tidak percaya tengoklah beberapa potret ide taman Jepang yang kecil.

1. Ketenangan di pinggir kolam ikan

Usir Penat dengan Hadirkan Taman Jepang di Rumah Tengah Kota

Foto: Pinterest


Taman Jepang satu ini tidak membutuhkan lahan yang luas. Dominasi kolam ikan dengan tambahan elemen bebatuan dan tanaman membuat ketenangan saat duduk di pinggiran kolam ikan tersebut.

2. Indahnya suara gemercik air

Usir Penat dengan Hadirkan Taman Jepang di Rumah Tengah Kota

Foto: Pinterest


Halaman belakang rumah Anda akan terasa seperti di kampung halaman walaupun sesungguhnya berada di tengah kota. Kolam ikan koi dan suara gemercik air terjun akan membuat kedamaian dalam lingkungan rumah tengah kota.

3. Tetap bisa walaupun lahan sempit

Usir Penat dengan Hadirkan Taman Jepang di Rumah Tengah Kota

Foto: Pinterest


Punya lahan sempit ternyata tidak menghalangi untuk bisa mewujudkan taman Jepang. Walaupun lahan yang digunakan sempit, tetapi seluruh elemen taman Jepang ada semua, termasuk ornamen tambahannya seperti lentera.

4. Elemen air digantikan kerikil

Usir Penat dengan Hadirkan Taman Jepang di Rumah Tengah Kota

Foto: Pinterest


Sahabat Langit7 punya lahan di belakang rumah yang belum dimanfaatkan? Jika iya referensi model taman Jepang ini bisa jadi pilihan. Jembatan yang menunjukkan sebuah perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya juga dihadirkan, dengan elemen kerikil sebagai pengganti elemen air.

5. Taman yang sangat sederhana

Usir Penat dengan Hadirkan Taman Jepang di Rumah Tengah Kota

Foto: Pinterest


Punya dana terbatas dan biaya perawatan yang seadanya juga bisa memiliki taman Jepang loh. Melengkapi seluruh elemen seperti bebatuan, air, tanaman dan bunga, taman Jepang ini hadir dengan konsep sederhana, namun tetap tenang dan damai jika berada di tengahnya.

6. Lautan kerikil di taman Jepang

Usir Penat dengan Hadirkan Taman Jepang di Rumah Tengah Kota

Foto: Pinterest


Ide taman Jepang yang satu ini adalah dengan memperbanyak elemen kerikil hingga memenuhi semua area taman. Memiliki konsep seperti ini juga tetap menjadi khas tradisional Jepang yang mengusung keseimbangan.

Baca juga: Bikin Betah, Ini 7 Manfaat dan Ide Desain Kolam Ikan Koi di Rumah

7. Taman multifungsi

Usir Penat dengan Hadirkan Taman Jepang di Rumah Tengah Kota

Foto: Pinterest


Ide taman Jepang yang satu ini adalah bukan sekedar taman. Tetapi area yang beralaskan kayu yang berada di atas kolam air, bisa sebagai tempat dengan beragam fungsi. Wastafel yang tersedia memudahkan jika area ini sebagai tempat makan, selain itu tempat ini juga bisa sebagai tempat istirahat sambil menenangkan diri atau sebagai tempat bersantai.
(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. An-Nisa':59 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا ࣖ
Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.