alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home home & garden detail berita
5 Cara Siapkan Mushala dalam Rumah yang Bisa Tambah Khusyuk Shalat
Fifiyanti Abdurahman Senin, 03 Januari 2022 - 14:26 WIB
5 Cara Siapkan Mushala dalam Rumah yang Bisa Tambah Khusyuk Shalat
Mushala yang terletak di bawah tangga dengan tampilan desain yang apik. Foto: Home Synchronize
LANGIT7.ID - , Jakarta - Bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari. Banyak persiapan rutinitas saat bulan puasa ini mulai disiapkan. Satu dari banyak persiapan tersebut adalah menciptakan mushala dalam rumah yang bisa membuat fokus dalam beribadah.

Mushola dalam rumah tidak harus membutuhkan ruangan yang besar. Ruang yang kecil pun bisa Anda manfaatkan sebagai tempat ibadah di dalam rumah. Terpenting adalah ruangan tersebut bersih dan bebas dari najis.

Baca juga: Dekorasi Dinding dengan Kaligrafi Arab untuk Interior Modern

Nah, bagaimana membuat mushala dalam rumah menjadi ruang yang tenang dan damai? Berikut 5 langkah yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan mushala di dalam rumah.

Ciptakan ruang yang privasi

5 Cara Siapkan Mushala dalam Rumah yang Bisa Tambah Khusyuk Shalat


Pilih sudut di rumah Anda yang jauh dari zona lalu lintas, dan gangguan. Anda bisa menggunakan partisi atau sketsel juga membuat mushala lebih privasi. Bila tidak ada ruangan khusus untuk dibuat mushala, Anda bisa memanfaatkan atau mengubah ruang yang sudah ada seperti ruang tamu atau kamar tidur.

Pastikan ruangan tersebut bebas dari kebisingan yang bisa mengganggu suasana shalat yang khusyuk.

Ciptakan ruang yang damai

5 Cara Siapkan Mushala dalam Rumah yang Bisa Tambah Khusyuk Shalat


Setiap muslim pastinya mendambakan suasana yang khusyuk dalam beribadah dan berharap doa yang dipanjatkan diterima dan didengar Allah SWT. Tak sulit untuk mewujudkan suasana yang damai di mushala dalam rumah.

Anda bisa memaksimalkan pencahayaan dengan memberi cahaya lembut atau ruangan dengan ventilasi yang baik. Sehingga sinar matahari tetap bisa menerangi ruang mushola di dalam rumah. Pastikan juga Anda mengecat dinding rumah dengan warna-warna lembut atau pastel yang bisa memunculkan perasaan tenang dan damai.

Menjaga kebersihan

5 Cara Siapkan Mushala dalam Rumah yang Bisa Tambah Khusyuk Shalat


Kebersihan adalah bagian dari iman. Kalimat tersebut menjadi hal yang identik dengan umat muslim di seluruh dunia. Karena itu, untuk menjaga kebersihan tempat shalat, Anda bisa meletakkan sajadah dengan desain yang apik. Pastikan Anda melipat sajadah tersebut dan meletakkan di lemari agar tetap terjaga kebersihannya.

Siapkan lemari penyimpanan

5 Cara Siapkan Mushala dalam Rumah yang Bisa Tambah Khusyuk Shalat


Jangan lupa untuk menaruh lemari kecil yang bisa digunakan untuk menyimpan perlengkapan shalat seperti sajadah, mukena atau sarung. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, lemari kecil ini juga bisa membuat ruang tertata dengan baik.

Rak buku atau meja konsol juga bisa digunakan untuk meletakkan Alquran dan buku-buku islami lainnya. Agar mushola tambah menarik, Anda bisa menyiapkan mangkuk dekoratif sebagai tempat menyimpan tasbih.

Baca juga: Desain Skylight untuk Optimalkan Penerangan Alami, Interior pun Elegan

Percantik mushola dengan barang estetik

5 Cara Siapkan Mushala dalam Rumah yang Bisa Tambah Khusyuk Shalat


Agar menambah betah dan khusyuk dalam beribadah, Anda bisa menambahkan barang-barag yang bisa membuat tenang dan menumbuhkan rasa damai. Tanaman hias atau vas berisi bunga segar atau plastik bisa jadi ide yang baik. Anda juga bisa menyisipkan lilin aromaterapi agar ruangan harum. Tentu saja, Anda bisa menambahkan kaligrafi atau pola geometris yang Islami.

Dengan menerapkan 5 langkah di atas, mushola atau ruang ibadah yang bisa membuat ibadah jauh lebih khusyuk bisa Anda dapatkan.
(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:5 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
اِنَّ اللّٰهَ لَا يَخْفٰى عَلَيْهِ شَيْءٌ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ
Bagi Allah tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi di bumi dan di langit.