alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home lifestyle muslim detail berita
Pemuda Ini Akui Dijewer Tuhan setelah Kritik Suara Sumbang Muadzin
Fifiyanti Abdurahman Selasa, 11 Januari 2022 - 08:00 WIB
Pemuda Ini Akui Dijewer Tuhan setelah Kritik Suara Sumbang Muadzin
Tangkapan layar keluhan pemilik akun Twitter dengan suara muadzin di lingkungan rumahnya. Foto: Istimewa
LANGIT7.ID - , Jakarta - Adzan merupakan panggilan untuk umat Muslim menunaikan ibadah shalat. Namun, volume adzan juga kerap menjadi polemik di masyarakat. Tak hanya itu, kemerduan suara orang yang melantunkan adzan pun selalu menjadi bahan perbincangan.

Pemilik akun Twitter @RyuDeka mencuitkan keluh kesahnya dengan suara adzan yang ada di lingkungannya pada Minggu (8/1/2022). Unggahan tersebut sudah hingga kini sudah dibagikan lebih dari 11 ribu kali dan disukai oleh 43 ribu akun lain.

"Entah sudah berapa kali kalau mendengar adzan subuh atau pengumuman informasi berita duka dari masjid belakang rumah, saya sering membatin, ini yang adzan tidak ada yang lebih merdu-an dikit apa suaranya," unggah pemilik akun tersebut.

Baca juga: Kisah Muadzin Legendaris Masjidil Haram, Ternyata dari Indonesia

Menurut dia, suara muadzin atau petugas yang mengumandangkan adzan di mesjid terdengar tua da memiliki suara yang sumbang.

"Suara muadzin (petugas yang mengumandangkan adzan di masjid) memang terdengar tua, kadangkala terdengar out of tune alias fals. Sampai pagi ini, Tuhan dengan baik hati "menjewer" saya," katanya.

Kemudian, ia mengatakan ketika pergi untuk menunaikan shalat subuh di mesjid tersebut, dirinya akhirnya bertemu dengan muadzin yang dianggapnya pemilik suara yang kerapkali mengganggu telinganya.

"Saat subuh di masjidnya, saya akhirnya melihat sendiri muadzin yang saya maksud tersebut. Seorang bapak berusia lanjut yang jalannya sudah perlahan, dan terlihat sangat berusaha setiap melantangkan suaranya di depan microphone mengingatkan orang-orang untuk bergegas shalat," terangnya.

"Melihat usahanya ini rasanya seperti ditampar. Harusnya kamu yang muda-muda yang masih sehat, yang ngegantiin Bapak ini buat tugas kayak ini!" tambahnya.

Setelah bertemu dengan muadzin, pemilik akun twitter tersebut tersentuh dengan perilaku ramah sang muadzin.

"Dan yang lebih bikin tertampar lagi, bubaran shalat, si Bapak tiba-tiba menghampiri saya dan sambil tersenyum ramah bilang, 'Matur nuwun mas sudah memuliakan masjid," ucapnya.

RyanDeka mengatakan saat berbicara dengan muadzin tersebut, ia jadi mengetahui bahwa kondisi masjid disaat pandemi sangat memperihatinkan.

"Sambil dengan ramah menanyakan dimana tempat tinggal saya, dan cerita keprihatinannya karena sejak pandemi jamaah subuh masih sangat sepi. Masya Allah rasanya malu sekali sama diri sendiri," katanya.

Di akhir unggahannya, Ryu Deka menuliskan mengenai penilaiannya terhadap seseorang yang belum ia kenal. Perkenalannya dengan si muadzin saat shalat subuh di masjid pun mengubah persepsi Ryu Deka.

"Ini dek, yang selama ini kamu julid'in. Orang sebaik ini, yang bahkan kamu tidak kenal, tapi segampang itu bisa kamu hakimin sedemikian rupa cuma karena kamu nggak suka dengan suaranya. Sebuah pembelajaran yang besar di subuh ini," tutupnya.

Sontak unggahan tersebut mengundang perhatian dari warga net. Beberapa diantaranya membagikan pengalamannya dengan muadzin tua yang mengumandangkan adzan di lingkungan mereka.

Seperti akun @SKeduniawian yang mengatakan, "Numpang nimbrung ya, Terkadang mereka yang sudah tua-tua mau adzan bisa jadi semasa muda tidak pernah adzan dan bahkan jarang ke masjid. Mereka yang tua-tua merasa bahwa umur mereka lebih dekat dengan wafat dibandingkan dengan yang muda. Mereka yang tua-tua memaksimalkan hari tuanya dengan beramal yang mereka bisa".

Akun tersebut pun menambahkan cuitannya untuk mewajarkan muadzin tua melaksanakan tugasnya. Menurutnya bisa jadi mereka baru mendapat hidayah di masa tua. Terpenting saat ini adalah anak-anak muda untuk datang ke masjid untuk shalat dan abaikan masalah suara muadzinyang merdu atau tidak.

Baca juga: 3 Keutamaan Didapat Muadzin, Nomor 2 Paling Diinginkan Umat Islam

Warganet lain juga menyoroti mengenai masjid yang kosong dan hanya diisi oleh orang tua.

"Gak usah dibelokkan ke pengurus masjid yang gak mau regenerasi. Fokus aja datang ke masjid tiap adzan subuh. Gak perlu kebanyakan alasan adzannya gak merdu, pengurusnya menyebalkan. Ingat. Makin banyak alasan dibuat-buat gitu hati kalian makin keras dan makin enggan datang ke masjid," timpal Arif Rakhman pemilik akun @translatorjemah.
(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Baqarah:14 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
وَاِذَا لَقُوا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قَالُوْٓا اٰمَنَّا ۚ وَاِذَا خَلَوْا اِلٰى شَيٰطِيْنِهِمْ ۙ قَالُوْٓا اِنَّا مَعَكُمْ ۙاِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِءُوْنَ
Dan apabila mereka berjumpa dengan orang yang beriman, mereka berkata, “Kami telah beriman.” Tetapi apabila mereka kembali kepada setan-setan (para pemimpin) mereka, mereka berkata, “Sesungguhnya kami bersama kamu, kami hanya berolok-olok.”