home masjid

Jangan Lewatkan Mandi Wajib di Hari Jumat, Ini Waktu Utamanya

Jum'at, 17 Maret 2023 - 09:40 WIB
Ilustrasi mandi di hari jumat (Foto: langit7.id/istock)
Mandi merupakan salah satu amalan sunah bagi mereka yang menghadiri salat Jumat di hari tersebut. Menurut pendapat ulama, inilah waktu yang tepat.

Waktu yang utama untuk melaksanakan mandi wajib di hari Jumat dijelaskan Prof Wahbah Az Zuhaili dalam kitabnya Fiqih Islam wa Adillatuhu. Disebutkan kesunahan mandi Jumat terentang mulai dari munculnya fajar hingga tergelincirnya matahari.

Menurut ulama Maliki, mandi Jumat hukumnya sunah dan disyaratkan bersambung dengan kepergiannya ke masjid. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh al-Jama'ah dari Ibnu Umar:

"Siapa di antara kalian yang menunaikan shalat Jumat, hendaklah mandi."

Baca Juga:Hari Jumat Waktunya Keramas, Ikuti 7 Tips Mencuci Rambut

Menurut pendapat yang shahih di kaIangan ulama Hanafi, mandi tersebut disunahkan karena adanya salat Jumat. Adapun menurut ulama yang lain, kesunahan mandi karena adanya hari Jumat itu sendiri.

Perbedaan pendapat ini dapat dilihat dengan jelas dalam masalah seseorang yang telah mandi pada hari Jumat, kemudian dia berhadats lalu dia berwudu dan mengerjakan salat Jumat. Bagi dua pendapat terawal, orang ini tidak mendapat pahala sunah.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya