Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 April 2024
home masjid detail berita

Jangan Lewatkan Mandi Wajib di Hari Jumat, Ini Waktu Utamanya

Suandri Ansah Jum'at, 17 Maret 2023 - 09:40 WIB
Jangan Lewatkan Mandi Wajib di Hari Jumat, Ini Waktu Utamanya
Ilustrasi mandi di hari jumat (Foto: langit7.id/istock)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - Mandi merupakan salah satu amalan sunah bagi mereka yang menghadiri salat Jumat di hari tersebut. Menurut pendapat ulama, inilah waktu yang tepat.

Waktu yang utama untuk melaksanakan mandi wajib di hari Jumat dijelaskan Prof Wahbah Az Zuhaili dalam kitabnya Fiqih Islam wa Adillatuhu. Disebutkan kesunahan mandi Jumat terentang mulai dari munculnya fajar hingga tergelincirnya matahari.

Menurut ulama Maliki, mandi Jumat hukumnya sunah dan disyaratkan bersambung dengan kepergiannya ke masjid. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh al-Jama'ah dari Ibnu Umar:

"Siapa di antara kalian yang menunaikan shalat Jumat, hendaklah mandi."

Baca Juga: Hari Jumat Waktunya Keramas, Ikuti 7 Tips Mencuci Rambut

Menurut pendapat yang shahih di kaIangan ulama Hanafi, mandi tersebut disunahkan karena adanya salat Jumat. Adapun menurut ulama yang lain, kesunahan mandi karena adanya hari Jumat itu sendiri.

Perbedaan pendapat ini dapat dilihat dengan jelas dalam masalah seseorang yang telah mandi pada hari Jumat, kemudian dia berhadats lalu dia berwudu dan mengerjakan salat Jumat. Bagi dua pendapat terawal, orang ini tidak mendapat pahala sunah.

Namun, mereka tetap sepakat bahwa mandi setelah shalat Jumat tidak lagi dianggap sunah. Siapa yang mandi junub atau semacamnya-seperti mandi karena haid-dan dibarengi dengan mandi Jumat atau mandi sunah Hari Raya, maka dia mendapatkan kedua-duanya, apabila memang dia mengawalinya dengan niat mandi junub kemudian diikuti dengan niat mandi Jumat. Pendapat ini adalah kesepakatan semua mazhab.

Kedudukannya sama seperti pendapat ulama Syafi'i dalam masalah orang yang berniat shalat fardhu berbarengan dengan shalat sunnah Tahiyyatul Masjid dan juga sama dengan masalah yang telah disepakati bersama, yaitu mandi sekali untuk junub dan haid.

Baca Juga: Cara Mandi Sesuai Sunnah Rasulullah, Awali Basuh Kaki

Mandi Jumat merupakan mandi sunah yang paling dituntut oleh syara'. Ini berdasarkan hadits-hadits yang telah disebutkan tadi. Meskipun demikian, mandi Jumat tidak sunah untuk kaum wanita.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:53
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
TOPIK TERPOPULER
4 lansia
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan