alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home home & garden detail berita
Hadirkan Ilusi di Kamar Mandi Sempit Agar Terlihat Luas
Fifiyanti Abdurahman Kamis, 13 Januari 2022 - 16:56 WIB
Hadirkan Ilusi di Kamar Mandi Sempit Agar Terlihat Luas
Tampilan kamar mandi berukuran kecil. Foto: LANGIT7/iStock
LANGIT7.ID - , Jakarta - Tak usah kecil hati saat Anda memiliki kamar mandi yang kecil. Bukan berarti Anda tidak bisa berkreasi untuk menciptakannya menjadi besar. Ada beberapa ilusi yang bisa Anda terapkan dalam kamar mandi kecil untuk terlihat besar, tanpa harus mendobrak dinding.

Melansir dari The Spruce, cermin berukuran besar bisa Anda manfaatkan untuk memberi ilusi ruang lebih luas. Selain itu, cermin juga bermanfaat untuk memantulkan cahaya ke dalam ruangan. Alhasil, ruangan pun jadi lebih besar.

Baca juga: Bikin Betah, Ini 7 Manfaat dan Ide Desain Kolam Ikan Koi di Rumah

Di samping cermin, cahaya alami juga bisa dimaksimalkan untuk membuat kamar mandi tampak lebih luas. Tempatkan jendela atau skylight yang berpotensi memberikan cahaya. Tak perlu khawatir, bila jendela atau skylight menjadi kotor. Cara membersihkan jendela terbilang mudah dan murah. Sedangkan untuk skylight Anda bisa membersihkan dengan menyikat dengan air hangat dicampur dengan deterjen.

Memindahkan lemari atau kabinet yang ada di dalam kamar mandi menjadi cara lain memperbesar ruangan. Meski dengan begitu Anda harus memindahkan barang-barang yang biasa ada di kabinet. Tapi paling tidak unsur pemboros ruangan, bisa dialihkan ke wastafel lebih kecil. Anda pun tetap bisa meletakkan perlengkapan yang memang harus ada di kamar mandi.

Selanjutnya, jika Anda menyukai dekorasi kecil yang ada di kamar mandi, sebaiknya mulai untuk memindahkannya ke luar. Meski dekorasi tersebut bisa menambah estetika, tapi bila berkaitan dengan keluasan ruangan, sebaiknya singkirkan aksesori dekoratif di dalam kamar mandi.

Bila kamar mandi Anda saat ini menggunakan pembatas untuk ruang shower, sebaiknya lepas pembatas tersebut. Atau bila Anda tetap ingin menggunakan pembatas tersebut bisa diganti dengan kaca bening atau transparan.

Baca juga: 6 Desain Rumah Anjuran Rasulullah SAW, Nomor 4 Banyak Diabaikan

Memiliki berbagai macam material dengan warna berbeda juga bisa mempersempit kamar mandi. Jika kamar mandi kecil bisa disiasati dengan pemilihan warna cerah untuk dinding dan keramik. Bila ingin membuat tampilan beda, pilih ubin keramik dengan motif yang tidak terlalu besar dan rumit. Kombinasikan dengan warna dinding dengan warna terang dan netral.
(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:5 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
اِنَّ اللّٰهَ لَا يَخْفٰى عَلَيْهِ شَيْءٌ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ
Bagi Allah tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi di bumi dan di langit.