alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home lifestyle muslim detail berita
Minuman Favorit Banyak Orang, Ini 9 Manfaat Minum Kopi yang Anda Harus Tahu
Fifiyanti Abdurahman Sabtu, 15 Januari 2022 - 06:00 WIB
Minuman Favorit Banyak Orang, Ini 9 Manfaat Minum Kopi yang Anda Harus Tahu
Menjadi minuman favorit banyak orang, kopi juga memiliki manfaat baik lainnya. Foto: Istimewa
LANGIT7.ID - , Jakarta - Kopi adalah minuman favorit yang dikenal mampu meningkatkan fokus dan energi Anda. Faktanya, banyak orang bergantung pada secangkir kopi saat bangun untuk memulai hari.

Selain efek energinya, melansir dari Healthline, kopi dikaitkan dengan daftar panjang manfaat kesehatan potensial. Ini bisa menjadi alasan bagi Anda untuk terus menyeduh dan minum kopi.

1. Meningkatkan energi
Kopi mengandung kafein, stimulan yang telah terbukti meningkatkan tingkat energi dan mengurangi kelelahan dengan mengubah tingkat neurotransmiter tertentu di otak.

Baca juga: Kopi Manis Plus Gula Aren Lebih Baik? Tengok Ulasannya

2. Risiko rendah terkena diabetes
Mengonsumi kopi secara rutin dapat menekan risiko terkena diabetes tipe 2 dalam jangka panjang. Hal ini dimungkinkan karena kemampuan kopi untuk mempertahankan fungsi sel beta di pankreas Anda, yang bertanggung jawab untuk memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah.

3. Menjaga kesehatan otak
Meskipun menunjukkan hasil yang beragam, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu melindungi gangguan neurodegeneratif tertentu, termasuk penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

4. Penurunan lemak tubuh
Kopi dapat membantu mengatur berat badan yang terkait dengan penurunan lemak tubuh. Satu studi juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi lebih cenderung aktif secara fisik.

5. Menekan risiko depresi
Beberapa penelitian menemukan bahwa kopi dapat menekan risiko terkena depresi. Bahkan kopi dikaitkan juga dengan rendahnya risiko kematian akibat bunuh diri.

6. Melindungi kesehatan hati
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat mendukung kesehatan hati dan melindungi dari penyakit. Konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit hati kronis, juga kondisi lain seperti jaringan parut hati dan kanker hati.

7. Kesehatan jantung
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, stroke, dan gagal jantung.

8. Memberi umur panjang
Orang yang rutin minum kopi bisa berumur panjang, terlepas dari faktor lain, seperti usia, status berat badan, atau konsumsi alkohol. Namun, harus lebih banyak penelitian diperlukan.

9. Meningkatkan stamina
Kopi juga dianggap bisa meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh saat dikonsumsi sebelum berolahraga. Namun, beberapa penelitian menunjukkan hasil yang beragam.

baca juga: Jadi Tren dan Gaya Hidup, Bisnis Kopi Semakin Menggeliat

Kopi merupakan minuman populer yang telah dipelajari secara ekstensif oleh para peneliti karena banyak manfaatnya bagi kesehatan. Termasuk kemampuannya untuk meningkatkan energi, meningkatkan manajemen berat badan, meningkatkan kinerja atletik, dan melindungi dari penyakit kronis.

Namun, perlu jadi catatan bahwa beberapa orang munkin perlu membatasi untuk meminum kopi, seperti ibu hamil atau menyusui, anak-anak dan remaja, dan orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Minumlah kopi dalam jumlah sedang – sekitar tiga hingga empat cangkir per hari – sebab mengandung manfaat kesehatan dan umumnya dianggap aman bagi kebanyakan orang dewasa.
(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:5 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
اِنَّ اللّٰهَ لَا يَخْفٰى عَلَيْهِ شَيْءٌ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ
Bagi Allah tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi di bumi dan di langit.