Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 18 April 2024
home community detail berita

Dewan Da'wah Kota Bogor Gelar Pelatihan Jurnalistik Berbasis Masjid

Suandri Ansah Senin, 14 Maret 2022 - 16:25 WIB
Dewan Da'wah Kota Bogor Gelar Pelatihan Jurnalistik Berbasis Masjid
Ilustrasi. Foto: Langit7.id/iStock.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia (DDII) Kota Bogor mengadakan pelatihan jurnalistik di Pondok Pesantren Hilal Bogor, Ahad (13/3/2022). Ketua Dewan Da'wah Kota Bogor Ustaz Abdul Halim berharap, lewat program tersebut akan lahir para jurnalis yang siap berdakwah lewat media.

Program tersebut, kata Halim, tidak khusus untuk masjid, tetapi setiap lembaga Islam, ormas Islam. Menurut dia, peran jurnalis yang berjuang dalam membela agama dan kaum Muslimin sangat penting saat ini.

"Mudah-mudahan seluruh peserta menjadi jurnalis muslim yang baik sehingga bisa terus berdakwah melalui media," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (14/3/2022).

Baca Juga: STID Mohammad Natsir Bersiap Kirim Kafilah Da’wah Ramadhan

Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik Ustaz Syukron Makmun menjelaskan pentingnya Dakwah bil Qalam (dakwah melalui tulisan). "Kalau Dakwah bil Lisan terbatas hanya sejumlah orang di suatu tempat, tetapi kalau Dakwah bil Qalam itu bisa dibaca lebih luas lagi dari berbagai wilayah lain," ujar Ustaz Syukron.

Ketua Divisi Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Dewan Da'wah Kota Bogor itu menambahkan bahwa Rasulullah juga melakukan Dakwah bil Qalam, yaitu dengan mengirimkan surat kepada raja-raja.

"Saat ini yang menguasai informasi dia yang berkuasa, kenapa Islam dicitrakan buruk karena ada peranan media. Disinilah pentingnya Dakwah bil Qalam untuk menyampaikan kebenaran. Karena itu, mari kita terus mengembangkan Dakwah bil Qalam," jelasnya.

Baca Juga: Kemenag Dorong Dewan Dakwah Hidupkan Kembali Gagasan Pak Natsir

Pelatihan menghadirkan Syaiful Falah, jurnalis Suara Islam sebagai narasumber. Dalam materinya ia menyampaikan pentingnya berdakwah lewat media dan belajar membuat pers rilis.

Sebelumnya, program One Masjid One Journalist juga pernah dikembangkan oleh Forum Jurnalis Muslim (Forjim). Pelatihan diikuti puluhan peserta dari perwakilan sejumlah ormas Islam dan pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM).

Baca Juga: Pemerintah Targetkan Huntap Pengungsi Semeru Rampung Sebelum Lebaran 2022

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 18 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:54
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
TOPIK TERPOPULER
Terpopuler 0 mui
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan