LANGIT7.ID, Jakarta - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kopenhagen turut berpartisipasi dalam Food Expo Herning yang digelar pada 26-29 Maret 2022 di Denmark. Partisipasi Indonesia dalam pameran ini merupakan upaya kolaborasi antara KBRI Kopenhagen dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan.
Food Expo Herning merupakan pameran kuliner terbesar di kawasan Nordik yang diselenggarakan secara berkala setiap tahunnya. Para pengusaha jasa
kuliner dan katering, hotel, restoran serta para pedagang kuliner ritel/eceran pun turut berpartisipasi dalam event tersebut.
Baca Juga: Dikunjungi 30.000 Pengunjung, Muslim Lifefair 2022 Bangkitkan UMKM LokalEvent yang semula dijadwalkan pada tahun 2020, tertunda lantaran pandemi Covid-19. Meski begitu, pameran tahun ini diikuti sekitar 600 exhibitors dan berhasil menarik sekitar 30.000 pengunjung.
Tidak hanya dari Denmark, pameran kali ini diikuti oleh para pelaku usaha sektor kuliner dan makanan dari kawasan Nordik lainnya, seperti Swedia, Finlandia dan Norwegia. Selain itu, hadir juga peserta dan pengunjung dari negara Eropa lainnya seperti Portugal, Jerman, Belanda dan Italia.
Dengan luas sekitar 36M2, paviliun Indonesia sukses menarik perhatian pengunjung karena merupakan satu-satunya paviliun Perwakilan Asing di Denmark. Paviliun Indonesia menghadirkan produk makanan dan minuman dari 23 perusahaan dengan produk berupa
kopi, produk olahan kelapa, beras, rempah-rempah dan bumbu organik.
Baca Juga: Buka Indonesia Hijab Walk 2022, Atalia: Bangkit Bersama Melalui FesyenSelain sebagai pintu masuk produk Indonesia ke Kawasan Nordik, Denmark juga merupakan pasar non-tradisional yang memiliki potensi besar. Dengan jumlah penduduk sekitar 5,8 juta jiwa, Denmark menjadi pasar potensial yang perlu digarap dengan intensif.
Saat ini, baru terdapat 1 (satu) restoran Indonesia yang berlokasi di Horsens (+ 3,5 jam perjalanan dari Kopenhagen) dan belum terdapat satupun toko produk Indonesia di wilayah
Denmark. Untuk itu, partisipasi pada pameran menjadi salah satu sarana promosi yang penting dan signifikan bagi para pelaku/industri kuliner dan makanan Indonesia.
Selain mempromosikan produk makanan dan kuliner Indonesia di kawasan Nordik, pameran tersebut juga sejalan dengan inisiatif Pemerintah Pusat dalam mempromosikan gastronomi Indonesia yang dikemas dalam program Indonesia Spice Up the World.
Partisipasi KBRI Kopenhagen dalam pameran ini merupakan wujud hubungan baik antara Indonesia dan Denmark. Selain itu, partisipasi ini juga merupakan implementasi nyata dari Rencana Aksi Indonesia-Denmark 2021-2024 dalam upaya peningkatan hubungan bilateral, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan.
Baca Juga:
Di Pameran Haji Saudi, Menag Jajal Manasik Metaverse
UMKM Binaan Bank Indonesia Tarik Minat Pengunjung Dubai Expo(asf)