Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home lifestyle muslim detail berita

Nikmat Disantap Pagi atau Malam, Ini Rekomendasi Bubur Ayam Enak di 4 Kota

tim langit 7 Selasa, 21 November 2023 - 19:00 WIB
Nikmat Disantap Pagi atau Malam, Ini Rekomendasi Bubur Ayam Enak di 4 Kota
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Bubur ayam adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang paling populer. Hidangan ini terbuat dari nasi yang dimasak hingga menjadi bubur dengan tambahan ayam suwir dan berbagai macam toping.

Bubur ayam dapat ditemukan di berbagai tempat di Indonesia, mulai dari warung kaki lima hingga restoran mewah.

Makanan yang digandrungi masyarakat Indonesia ini merupakan adaptasi dari menu khas Tiongkok. Pedagang Tionghoa yang mengenalkan bubur ayam, saat bermigrasi ke Nusantara di abad ke-16.

Awalnya, bubur ayam hanya disajikan di kalangan masyarakat Tionghoa. Namun, seiring berjalannya waktu, bubur ayam mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Bubur ayam di Indonesia mengalami berbagai macam perkembangan. Bila pada awalnya, bubur ayam hanya disajikan dengan ayam, kuah kaldu, dan bawang goreng, kini bubur ayam mulai dilengkapi dengan berbagai macam topping, seperti telur, cakwe, kerupuk, dan sambal.

Indonesia kaya akan ragam budaya dan kuliner nusantara. Tak heran bila tiap daerah di Indonesia mempunyai bubur ayam dengan ciri khas masing-masing.

Beberapa jenis bubur ayam yang populer di Indonesia antara lain:

1. Bubur ayam Jakarta
Bubur ayam jenis ini merupakan bubur ayam yang paling populer di Indonesia. Bubur ayam Jakarta memiliki ciri khas berupa kuah kaldu yang kental dan gurih.

Salah satu tempat bubur ayam yang terkenal di Jakarta adalah Bubur Ayam Cikini HR Suleman, yang berlokasi di Jalan Cisadane Nomor 121. Bubur ayam yang racikannya bergaya Cina ini sudah berjualan sejak tahun 1960-an. Topping yang disajikan antara lain suwiran ayam, tongcai, emping, dan kuning telur.

2. Bubur ayam Bandung
Bubur ayam jenis ini memiliki ciri khas berupa kuah kaldu yang ringan dan segar. Bubur ayam Bandung juga sering disajikan dengan topping kerupuk merah.

Kedai bubur ayam yang cukup legendaris di Bandung berada di Jalan Pajajaran No. 105, yaitu Bubur Ayam H Amid. Topping yang bisa Anda dapatkan di sini adalah cakwe, ayam suwir, dan seledri.

3. Bubur ayam Semarang
Bubur ayam jenis ini memiliki ciri khas berupa kuah kaldu yang kental dan gurih. Bubur ayam Semarang juga sering disajikan dengan topping daging ayam kampung.

Bubur ayam Pak Brewok jadi salah satu warung yang banyak disinggahi warga. Berlokasi di kawasan Banyumanik, Semarang, kedai ini menyajikan bubur terpisah dengan kuahnya.

4. Bubur Ayam Surabaya
Salah satu bubur ayam yang paling populer di Surabaya adalah Bubur Ayam Jakarta 46 dan menjadi favorit warga setempat.

Bubur ayam Jakarta 46 memiliki ciri khas berupa kuah kaldu yang kental dan gurih. Kuah kaldunya terbuat dari ayam kampung berkualitas yang direbus selama berjam-jam.

Selain kuah kaldu yang gurih, Bubur Ayam Jakarta 46 juga memiliki topping yang beragam. Topping yang paling populer adalah ayam suwir, telur, cakwe, dan kerupuk.

Bubur ayam ini berlokasi di Jalan Raya Lontar No 210, Sambikerep, Lontar, Surabaya

Bubur ayam Jakarta 46 Surabaya memiliki cita rasa yang nikmat. Kuah kaldunya yang kental dan gurih, serta toppingnya yang beragam, pasti akan membuat Anda ketagihan

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan