Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 April 2024
home wirausaha syariah detail berita

7 Hal yang Mesti Diperhatikan dalam Berbisnis Makanan

mahmuda attar hussein Selasa, 24 Januari 2023 - 13:30 WIB
7 Hal yang Mesti Diperhatikan dalam Berbisnis Makanan
7 Hal yang Mesti Diperhatikan dalam Berbisnis Makanan. (Foto: Istimewa).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Bisnis di sektor makanan masuk ke dalam kategori pasar red ocean. Artinya, bisnis tidak hanya memiliki cakupan pasar yang luas, tapi juga kompetitor.

Berbisnis di pasar red ocean ini tentu akan sulit bersaing dengan para kompetitor besar yang sudah lebih dulu meluncurkan bisnisnya.

Sehingga untuk memenangi kompetisi bisnis di sektor makanan ini diperlukan strategi khusus.

Nah, berikut ini 7 hal yang mesti dilakukan bagi Sahabat yang baru akan menjalankan bisnis di sektor makanan. Apa saja itu? Simak ulasannya:

1. Niche Market

Ada banyak sekali macam jenis makanan, dan hal ini juga lah yang menjadikan sektor bisnis makanan berada di kategori red ocean.

Untuk memenangi kompetisi di sektor makanan, Sahabat harus memikirkan jenis makanan yang masih ada di kategori blue ocean, seperti makanan sehat.

"Makanan sehat atau healthy food secara statistik sebenarnya memiliki banyak peminat dan baru menjadi tren setelah pandemi Covid-19," kata Founder ternakuang.id, Raymond Chin dikanal YouTubenya, Selasa (24/1/2023).

Potensi itu lah yang harus segera diburu sebagai peluang besar di sektor bisnis makanan.

2. Marketing

Demografi adalah salah satu hal penting dalam strategi pemasaran. Jadi Sahabat harus betul-betul paham konsumen akan produk makanan sehat.

Kebanyakan dari peminat makanan sehat ini adalah orang-orang yang sedang diet, pecinta olahraga, hingga milenial.

"Pahami kebiasaan mereka atau istilahnya behavior mapping. Seperti kebiasaan unggah kegiatan olahraga di media sosial, fitmess, tempat mereka belanja makanan, dan sebagainya," kata dia.

Behavior mapping ini berguna untuk kemudian mengambil keputusan terkait strategi branding yang akan dilakukan setelahnya.

3. Branding

Setelah selesai dengan strategi pemasaran, maka langkah selanjutnya adalah branding produk.

Minta desainer untuk membuat brand makanan sehat, dengan target konsumen yang memiliki kebiasaan berbeda-beda seperti dijelaskan sebelumnya.

"Branding itu bukan cuma logo doang, tapi juga visual dan style komunikasi. Misalnya cara menyapa calon konsumen dengan sebutan 'Bestie', 'Fighther', dan lainnya," ujarnya.

Sehingga hal ini akan turut menentukan terkait turunan dari branding tersebut. Mulai dari packaging, stiker, hingga konten instagram.

4. Influencer

Kolaborasi dengan influencer juga salah satu strategi yang baik untuk memperkenalkan sebuah brand dan produk baru.

Minta influencer mengiklankan produk dan brand tersebut. Namun pastikan influencer ini juga memiliki kesukaan yang sama, yaitu gemar mengonsumsi makanan sehat.

"Bila di tahap ini feedback customer baik dan orang banyak repeat order, itu menandakan sebuah validasi untuk membesarkan bisnis," katanya.

5. Evaluasi

Evaluasi adalah bagian yang cukup detail dalam bisnis. Di mana entrepreneur akan melihat jalan dan perkembangan bisnisnya secara menyeluruh.

Adapun evaluasi ini sendiri mencakup kesesuaian harga, kemampuan beli target konsumen, hingga inovasi produk baru.

"Kalau calon konsumen merasa harga produk terlalu mahal, maka temukanlah formula dengan bahan makanan yang tidak terlalu premium tapi tetap sehat dan enak," katanya.

6. Scaling

Scaling atau mengembangkan bisnis ke skala lebih besar ini bisa dilakukan dengan kolaborasi bersama ride hailing. Di antaranya seperti GoFood, GrabFood, TravelokaEats, AirAsiaEats, dan sejenisnya.

Scaling dengan hanya mengandalkan organic marketing tentu bisa dilakukan dari mulut ke mulut. Namun langkah ini membutuhkan waktu dan terbilang cukup lama untuk berkembang.

"Cara untuk scaling ini juga bisa dilakukan dengan performance marketing, yaitu advertising seperti instagram ads dan lain-lain," katanya.

7. Finansial

Sebetulnya finansial adalah hal paling awal dalam bisnis yang mesti dipikirkan. Namun, finansial bukanlah faktor utama untuk bisa menjalankan bisnis.

"Tapi harusnya finansial itu lumayan simpel, karena kita hanya perlu menentukan modal, gaji pegawai, operasional, dan lainnya," tambahnya.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:53
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
TOPIK TERPOPULER
4 uea
5 lansia
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan