alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Minggu, 26 Juni 2022
home lifestyle muslim detail berita

Konsultan Pernikahan: Pinjol Bisa Jadi Sebab Perceraian

Jaja Suhana Kamis, 23 Juni 2022 - 15:08 WIB
Konsultan Pernikahan: Pinjol Bisa Jadi Sebab Perceraian
Ilustrasi. Foto: Langit7.id/iStock.
LANGIT7.ID, Jakarta - Retaknya hubungan rumah tangga disebut bisa disebabkan berbagai hal, termasuk masalah keuangan. Salah satu yang harus diwaspadai oleh pasangan suami istri yakni pinjaman online atau pinjol.

Konsultan pernikahan, Ustaz Ginanjar Nugraha mengatakan transparansi keuangan penting dalam rumah tangga. Jangan sampai karena salah satu pihak bermasalah akhirnya melakukan pinjol dan akibatnya merugikan pasangan.

"Jadi Istri pinjam (tapi) suaminya gak tahu. Saya pernah menangani sampai 30 juta, udah dibayar sama suaminya, ternyata (masih) ada 70 juta, dibayar lagi (sama suaminya), terakhir 100 juta, aduh udah angkat tangan suaminya. Dan akhirnya berakhir dengan perceraian," ujar Ginanjar dalam acara "Apa Kabar Ustaz Langit7" dikutip Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: Pernikahan Beda Agama Haram, Berzina Sepanjang Usia Rumah Tangga

Ginanjar menjelaskan, seorang istri terpaksa melakukan pinjaman online karena dua alasan, pertama karena ada keperluan mendesak namun ia tidak berani terus terang kepada suaminya. Kedua yang harus dihindari, yakni karena gaya hidup istri akibat ikut-ikutan fesyen dan sebagainya.

"Makanya suami harus sering komunikasi dengan istri, apakah nafkahnya cukup atau tidak, karena kadang-kadang istri itu gak berani untuk ngomong kepada suami. Pas ada kebutuhan, suami belum apa-apa langsung marah, padahal ada kebutuhan lain yang memang penting, akhirnya istri cari jalan pintas," katanya.

Menurut alumni UIN Bandung itu, faktor ekonomi menjadi salah satu pemicu tingginya angka perceraian khusunya di Jawa Barat. Namun bukan hanya masalah suami yang tidak menafkahi istri, tapi karena tidak ada tranparansi dalam keuangan.

"(Faktor) ekonomi itu bukan berarti karena tidak dinafkahi, bisa juga karena tidak transparan dalam masalah keuangan, Kalau beli sepeda gunung yang harganya 10 juta 15 juta misalnya langsung dibeli. Tapi kalau minta buat beras misalkan, sulitnya minta ampun," kelakar Ginanjar.

Baca Juga: Sidang Gugatan Nikah Beda Agama di MK, DDII Ajukan Sebagai Pihak Terkait

Baca Juga: Makanan Favorit Banyak Orang, Coba Resep Bakso Kenyal dan Enak

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Minggu 26 Juni 2022
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
11:59
Ashar
15:20
Maghrib
17:52
Isya
19:06
Lihat Selengkapnya
QS. An-Nisa':17 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
اِنَّمَا التَّوْبَةُ عَلَى اللّٰهِ لِلَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ السُّوْۤءَ بِجَهَالَةٍ ثُمَّ يَتُوْبُوْنَ مِنْ قَرِيْبٍ فَاُولٰۤىِٕكَ يَتُوْبُ اللّٰهُ عَلَيْهِمْ ۗ وَكَانَ اللّٰهُ عَلِيْمًا حَكِيْمًا
Sesungguhnya bertobat kepada Allah itu hanya (pantas) bagi mereka yang melakukan kejahatan karena tidak mengerti, kemudian segera bertobat. Tobat mereka itulah yang diterima Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.
QS. An-Nisa':17 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan