alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Minggu, 26 Juni 2022
home masjid detail berita

Cerita Jemaah Pondok Aren: Haji 2022 Spesial Buat Saya dan Istri

Jaja Suhana Kamis, 23 Juni 2022 - 16:12 WIB
Cerita Jemaah Pondok Aren: Haji 2022 Spesial Buat Saya dan Istri
Gunung Uhud di Makkah. Foto: Langit7.id/iStock.
LANGIT7.ID, Jakarta - Ibadah Haji 2022 jadi tahun yang spesial bagi sebagian jemaah. Sebab hampir dua tahun mereka menantikan bisa pergi ke Tanah Suci.

Salah satu jemaah asal Pondok Aren, Tangerang Selatan, Muhammad Robit Azhari mengaku senang dapat berhaji tahun ini setelah tertunda dua tahun. Ia dan sang istri mempersiapkan berbagai hal untuk menjalankan ibadah di Haramain.

"Oh ia saya seneng banget, memang sudah ada caranya Allah mengundang umatnya untuk berhaji. Saya meyakini bahwa ini memang undangan Allah dan memang tidak semua orang bisa pergi haji," ujar Robit kepada Langit7, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: Ada Jasa Resmi Dorong Kursi Roda untuk Jemaah Tawaf dan Sai

Robit menjelaskan persiapan haji tahun ini berbeda dengan haji di tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, ia memelajari sendiri bagaimana tata cara ibadah haji dan juga bertanya pengalaman haji kepada jemaah haji sebelumnya.

"Persiapannya kalau saya lebih ke knowledge, pengetahuan lah kondisi saya kayak gimana, terus Mina itu kayak apa sih, Arafah kayak apa sih, persiapan saya itu saja," katanya.

Mengenai persiapan haji di Indonesia, ia mengatakan hanya diberikan tenggang waktu dua bulan. Berbeda dengan haji di tahun sebelumnya yang melakukan persiapan hingga delapan bulan.

Baca Juga: Arab Saudi Larang Jemaah Haji Bawa 15 Barang Ini

"Manasik yang biasa dilakukan beberapa kali ini kemarin kayak ngebut gitu. (Saya manasik) di tingkat kabupaten dua kali di tingkat kecamatan empat kali," ucapnya.

Robit bergabung dengan kloter Pondok Aren yang berjumlah 44 orang. Sedangkan kloter dari Tangerang Selatan seluruhnya berjumlah 650 orang. Ia mengaku siap lahir batin menjalankan ibadah haji.

"Untuk persiapan, minum sama olahraga ya misalnya. Kita sebelum haji pun rutin berolahraga," tuturnya.

Baca Juga: Konsultan Pernikahan: Pinjol Bisa Jadi Sebab Perceraian

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Minggu 26 Juni 2022
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
11:59
Ashar
15:20
Maghrib
17:52
Isya
19:06
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:23 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ اُوْتُوْا نَصِيْبًا مِّنَ الْكِتٰبِ يُدْعَوْنَ اِلٰى كِتٰبِ اللّٰهِ لِيَحْكُمَ بَيْنَهُمْ ثُمَّ يَتَوَلّٰى فَرِيْقٌ مِّنْهُمْ وَهُمْ مُّعْرِضُوْنَ
Tidakkah engkau memperhatikan orang-orang yang telah diberi bagian Kitab (Taurat)? Mereka diajak (berpegang) pada Kitab Allah untuk memutuskan (perkara) di antara mereka. Kemudian sebagian dari mereka berpaling seraya menolak (kebenaran).
QS. Ali 'Imran:23 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan