Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 22 Februari 2024
home global news detail berita

Tiba di Ukraina, Jokowi Tinjau Jejak Perang dan Salurkan Bantuan Kemanusiaan

redaksi Kamis, 30 Juni 2022 - 03:00 WIB
Tiba di Ukraina, Jokowi Tinjau Jejak Perang dan Salurkan Bantuan Kemanusiaan
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara meninjau bangunan di Kota Irpin, Ukraina yang hancur akibat perang (foto: Instagram/@jokowi)
LANGIT7.ID, Kyiv - Setelah menempuh perjalanan kereta 11 jam dari Polandia, Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Ukraina pada Rabu (29/6/2022) pukul 08.50 waktu setempat.

Kunjungan Jokowi beserta rombongan ke Ukraina adalah dalam rangka misi perdamaian bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Dan nantinya dilanjutkan ke Rusia bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin. Harapannya kunjungan ke dua kepala negara yang sedang berkonflik itu bisa membuka ruang dialog dan mengakhiri perang.

Baca Juga: Presiden Jokowi Temui Zelensky, Bahas Perdamaian Rusia-Ukraina

Setibanya di Ukraina, Jokowi langsung bertolak ke Kota Irpin melalui perjalanan darat menggunakan mobil. Di Kota Irpin Jokowi disambut oleh Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin.

Jokowi meninjau gedung-gedung yang hancur akibat perang, salah satunya Apartemen Lipky. Dinding-dinding dan atapnya terkoyak oleh peluru.

"Semoga perang ini bisa segera dihentikan dan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak," kata Jokowi melalui akun instagramnya, Rabu (29/6/2022).

Setelah dari Kota Irpin, Jokowi bertolak ke Kyiv mengunjungi sebuah rumah sakit sebelum menemui Presiden Ukraina.

Jokowi mendatangi sebuah rumah sakit di pusat kota Kyiv yang merawat para korban perang.

Baca Juga: 4 Peran Indonesia Jadi Juru Damai Konflik di Berbagai Negara

Pada kesempatan itu, Ibu Negara Iriana Jokowi secara simbolis menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina.

Tiba di Ukraina, Jokowi Tinjau Jejak Perang dan Salurkan Bantuan Kemanusiaan

Pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan komitmen bantuan rekonstruksi untuk rumah sakit yang rusak akibat perang.

Tiba di Ukraina, Jokowi Tinjau Jejak Perang dan Salurkan Bantuan Kemanusiaan

Setelah itu, pada pukul tiga sore waktu setempat, Jokowi tiba di Istana Presiden Ukraina dan langsung disambut oleh Presiden Volodymyr Zelenskyy. Dialog antara Jokowi dan Zelensky dijadwalkan berlangsung dua hari sejak Rabu (29/6/2022) hingga Kamis (30/6/2022).

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 22 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:18
Maghrib
18:17
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan