Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Senin, 06 Mei 2024
home global news detail berita

Sukseskan Revolusi Industri 4.0, Indonesia Siap Usung Proyek Lighthouse

Andi Muhammad Jum'at, 11 November 2022 - 20:10 WIB
Sukseskan Revolusi Industri 4.0, Indonesia Siap Usung Proyek Lighthouse
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: dok. Kemenko Perekonomian)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyatakan pemerintah siap mensukseskan Revolusi Industri 4.0. Salah satu langkah yang dilakukan yaitu mengusung proyek 'Lighthouse'.

Menurut Airlangga, beberapa perusahaan multinasional di Indonesia telah ditunjuk sebagai percontohan global lighthouse di World Economic Forum (WEF). "Indonesia siap mengusung sejumlah lighthouse projects sebagai wujud konkret dalam implementasi Revolusi Industri 4.0 secara inklusif di ASEAN," kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Jumat (11/11/2022).

Airlangga menuturkan, pada tataran bilateral, Indonesia telah mengimplementasikan kerja sama pembayaran digital Quick Response (QR) Code lintas negara. Sebagai metode pembayaran, QR dinilai kian berkembang secara luas.

Baca Juga: Gelar Kompetisi Sains Madrasah, Menag: Siswa Perlu Bekal di Era 5.0

Selain itu, wilayah ASEAN pun ke depannya didorong untuk memanfaatkan fasilitasi teknologi kode QR secara menyeluruh. Karena transaksi pembayaran melalui QR lebih mudah dan effesien.

"Indonesia akan terus memajukan agenda pemulihan dan integrasi ekonomi ASEAN di tengah arus transformasi digital. Utamanya dalam integrasi sektor keuangan," ujar Airlangga.

Terkait dengan penyelesaian ASEAN Digital Economic Framework (DEFA), Indonesia mendukung penuh implementasinya di tahun depan. Airlangga menegaskan bahwa Indonesia siap mendorong penyelesaian studi DEFA dan mulai dinegosiasikan pada tahun 2023.

Bahkan apabila memungkinkan, negosiasi tersebut juga dapat diselesaikan tahun 2023. "Setiap Negara Anggota ASEAN harus melakukan percepatan penyesuaian regulasi untuk dapat menyesuaikan perkembangan digitalisasi ini," tuturnya.

Baca Juga:

Menkominfo Sebut Digitalisasi Jadi Keharusan di Era Sekarang

BPIP Ingin Santri Kuasai Iptek di Era Revolusi Industri 4.0


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Senin 06 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:13
Maghrib
17:49
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan