alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home edukasi & pesantren detail berita

5 Tips Tangani Anak Hiperaktif, Beri Mereka Pendidikan Terbaik

mahmuda attar hussein Selasa, 22 November 2022 - 17:40 WIB
5 Tips Tangani Anak Hiperaktif, Beri Mereka Pendidikan Terbaik
Ilustrasi anak hiperaktif. (Foto: Istimewa).
LANGIT7.ID, Jakarta - Terdapat 5 tips untuk menangani kondisi anak hiperaktif. Salah satunya dengan memberikan mereka pendidikan yang terbaik, sehingga bisa lebih terkontrol.

Hiperaktif adalah kondisi ketika anak terus aktif tidak melihat waktu, situasi, dan suasana sekitar. Anak hiperaktif biasanya sulit untuk diam dan selalu bergerak, sehingga penting untuk menghindari mereka dari perilaku berbahaya.

Orangtua harus mencegah anak hiperaktif untuk melakukan hal merusak dan berbahaya, dan memberikan mereka pendidikan yang terbaik. Melansir Health Shots, berikut 5 tips menangani anak hiperaktif:

Baca Juga: Begini Cara Sederhana Bedakan Anak Aktif dan Hiperaktif

1. Kontrol

Kegiatan hiperaktif yang dilakukan anak tidak selalu buruk. Namun tetap perlu selalu diawasi dan diperhatikan.

Orang tua harus memiliki keterlibatan dalam kegiatan anak hiperaktif. Tujuannya untuk mengajarkan mereka dalam mengontrol tubuh lebih baik.

Selain itu, orang tua juga harus memastikan anak hiperaktif agar istirahat tepat waktu. Sehingga mereka tidak mendapati kelelahan yang berlebih.

2. Relaksasi

Ada kalanya anak hiperaktif mendapatkan perasaan frustasi. Nah, orang tua harus berperan untuk membantu mereka mendapatkan relaksasi.

Adapun cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengajarkan mereka teknik pernapasan atau teknik relaksasi lainnya seperti meremas bola karet.

3. Rutinitas

Anak hiperaktif harus diajarkan untuk melakukan rutinitas keseharian. Sehingga kegiatan yang dilakukan akan menciptakan stabilitas yang tepat.

Orang tua bisa mengajarkan mereka mengatur waktu untuk melakukan pekerjaan rumah, waktu bermain, makan, dan waktu tidur. Hal ini dipercaya dapat membantu mereka merasa lebih dapat mengendalikan kehidupan sehari-hari mereka.

4. Peran Anggota Keluarga

Membesarkan anak hiperaktif akan sulit bila harus dilakukan seorang diri. Untuk itu, minta anggota keluarga lainnya untuk bergabung dan berperan dalam mengajarkan anak hiperaktif.

Anggota keluarga ini termasuk kakak, adik, paman, tante, kakek, nenek, dan lainnya. Mereka juga harus membantu dan mengikuti aturan yang diterapkan kepada anak hiperaktif.

5. Sabar

Ini berlaku untuk semua kondisi anak, termasuk mereka yang sehat dan normal. Sebab, membesarkan anak adalah sebuah tantangan tersendiri bagi para orang tua.

Jangan pernah lelah dalam mendidik anak dan jangan pula khawatir akan rezeki untuk mereka. Berusahalah untuk memberikan pendidikan yang terbaik.

Rasulullah SAW bersabda, “Tiada suatu pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik.” (HR. Al Hakim).

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan