alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home sports detail berita

Uswatun Hasanah Suporter Jepang: Bersihkan Tribun, Tak Bikin Macet

mahmuda attar hussein Kamis, 24 November 2022 - 18:50 WIB
Uswatun Hasanah Suporter Jepang: Bersihkan Tribun, Tak Bikin Macet
Uswatun Hasanah Suporter Jepang: Bersihkan Tribun, Tak Bikin Macet. (Foto: Istimewa).
LANGIT7.ID, Jakarta - Timnas Jepang membuat kejutan besar di Piala Dunia 2022. Kesebelasan dari Asia ini berhasil menaklukkan Jerman 2-1 dalam fase Grup E kemarin malam.

Samurai biru mencatatkan sejarah lain bagi wajah sepak bola Asia setelah Arab Saudi juga menekuk Argentina 2-1.

"Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa ini adalah momen bersejarah," kata Pelatih Timnas Hajime Moriyasu, "Saya pikir kemenangan itu mengejutkan dunia, tetapi itu berarti sepak bola Jepang dekat dengan level dunia."

Baca Juga: Suporter Jepang Pantang Tinggalkan Sampah di Stadion

Kemenangan Samurai Biru di Qatar memicu gelombang kegembiraan para ultras di negara asal. Penyeberangan ikonik di distrik Shibuya Tokyo langsung padat dengan para warga yang merayakan kemenangan bersejarah Jepang atas Jerman, Rabu malam.

Anak-anak muda tumpah ruah di sekitar persimpangan tak lama setelah pertandingan, bersorak sorai melihat hasil yang menakjubkan dari tim kesayangan. Sebuah video mendokumentasikan ratusan orang Jepang keluar untuk merayakan di jalan.

Mereka tampaknya tidak percaya dengan apa yang terjadi selama pertandingan. Meski demikian, antusiasme para suporter di distik Shibuya patut dipuji, mereka tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan tidak membuat jalanan macet.

Mereka dengan sabar menunggu lampu merah sampai berganti hijau untuk bersorak-sorai di tengah persimpangan. Petugas polisi dikerahkan untuk memantau lalu lintas.

Baca Juga: Jepang Menang Bikin Jerman Menangis, Trauma Asia Belum Berakhir

Aksi lain yang patut diteladani dari suporter Jepang adalah inisiatif mereka dalam menjaga kebersihan. Tindakan penuh pujian ini terlihat usai Jepang memenangkan pertandingan.

Suporter berada lebih lama di tribun membantu mengumpulkan botol plastik dan membersihkan tribun. Perilaku serupa juga ditunjukkan skuad Samurai Biru di ruang ganti di Khalifa International Stadium.

"Setelah kemenangan bersejarah melawan Jerman di #FIFAWorldCup pada Match Day 4, fans Jepang membersihkan sampah mereka di stadion, sedangkan @jfa_samuraiblue meninggalkan ruang ganti mereka di Khalifa International Stadium seperti ini. Bersih," cuit Twitter FIFA dikutip Kamis (24/11/2022).

Tak hanya itu, para pemain dan staff timnas Jepang juga mengucapkan terima kasih menggunakan bahasa Jepang & bahasa Arab. Mereka juga meninggalkan kenangan dengan memberikan hadiah origami di meja.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan