Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home wisata halal detail berita

5 Tips Siasati Libur Akhir Tahun di Rumah karena Cuaca Buruk

mahmuda attar hussein Kamis, 29 Desember 2022 - 13:30 WIB
5 Tips Siasati Libur Akhir Tahun di Rumah karena Cuaca Buruk
5 Tips Siasati Libur Akhir Tahun di Rumah karena Cuaca Buruk. (Foto: Istimewa).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Ada 5 tips menyiasati libur akhir tahun di rumah karena cuaca buruk. Sebab tidak sedikit orang yang membatalkan rencana bepergian karena faktor cuaca.

Banyak orang yang sudah menyiapkan agenda liburan akhir tahun jauh-jauh hari. Namun saat dibatalkan, kondisi ini malah bisa menimbulkan stres.

Lalu bagaimana mengelola rasa kecewa akibat batal berlibur? Berikut sejumlah tips menyiasati liburan akhir tahun di rumah supaya tidak menimbulkan stres melansir GoHealth Urgent Care:

Baca Juga: Waspadai Cuaca Ekstrem saat Perjalanan Liburan Akhir Tahun

1. Realistis

Sahabat Langit7 mesti menahan ego untuk keluar rumah demi liburan, mengingat kondisi cuaca yang kurang baik. Sehingga lebih baik menetapkan tujuan yang lebih realistis.

Setidaknya ada beberapa kegiatan yang lebih bermanfaat dilakukan di rumah sambil mengisi waktu liburan. Di antaranya seperti masak, mendekorasi ulang rumah, nonton film bareng keluarga, dan lainnya.

2. Prioritas

Stres saat liburan sering kali muncul akibat sebuah pemicu tertentu, seperti batalnya rencana liburan. Namun, ada sisi positif yang Sahabat sadari.

Paling tidak, gagalnya liburan adalah upaya Sahabat untuk memprioritaskan keamanan dan keselamatan keluarga.

3. Istirahat

Manfaatkan gagalnya liburan akhir tahun dengan me-recharge energi melalui istirahat yang cukup. Tidak hanya itu, istirahat disaat liburan juga akan meningkatkan kualitas kesehatan lebih baik.

Ada banyak manfaat saat Sahabat mendapati istirahat cukup dan berkualitas. Di antaranya seperti berpikir lebih jernih, tubuh lebih bugar dan sehat, serta mempersiapkan diri dalam menyambut kembali rutinitas harian.

4. Muhasabah

Muhasabah adalah introspeksi diri. Sahabat bisa memanfaatkan liburan akhir tahun dengan mengenali kesalahan masa lalu dan belajar untuk tidak mengulanginya di tahun depan.

Muhasabah juga merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas diri lebih baik. Selain itu, hal ini juga bisa memberikan Sahabat ruang untuk relaksasi sebagai kunci kesehatan mental.

Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang pandai adalah yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian. Sedangkan orang yang lemah adalah yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah SWT," (HR. Imam Turmudzi).

5. Silaturahmi

Sahabat tak perlu stres karena gagalnya liburan akhir tahun. Manfaatkan gagalnya liburan untuk menjalin silaturahmi dengan mengunjungi kerabat atau sahabat terdekat.

Silaturahmi akan memperpanjang umur dan memperbaiki hubungan sosial, dengan menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat.

Rasulullah SAW bersabda, "Silaturahmi bukanlah yang saling membalas kebaikan. Tetapi seorang yang berusaha menjalin hubungan baik meski lingkungan terdekat merusak hubungan persaudaraan dengan dirinya." (HR. Bukhari).

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan