alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Maret 2023
home masjid detail berita

3 Tahun Tutup, Gereja di Kanada Akan Difungsikan Sebagai Masjid

Andi Muhammad Kamis, 19 Januari 2023 - 21:05 WIB
3 Tahun Tutup, Gereja di Kanada Akan Difungsikan Sebagai Masjid
3 Tahun Tutup, Gereja di Kanada Akan Difungsikan Sebagai Masjid. Foto: Istimewa.
LANGIT7.ID, JAKARTA - Setelah tiga tahun ditutup, Gereja St. Margaret Mary di Kanada akan difungsikan sebagai masjid dan sesegera mungkin dibuka untuk para jamaah. Hal tersebut diumumkan oleh Islamic Supreme Council of Canada melalui Imam Syed Soharwardy.

Imam Syed Soharwardy mengatakan bahwa Islamic Supreme Council of Canada akan membeli gedung yang ditutup itu pada November 2022 lalu. Komunitas muslim di Kanada itu memiliki 32 masjid di seluruh negeri, dua di antaranya bekas gereja.

“Saya (ingin menunjukkan) rasa hormat karena ini telah menjadi gereja selama lebih dari satu abad dan orang-orang terhubung secara emosional, spiritual dengan gereja ini,” kata dia dikutip dari CBC Radio, Kamis (19/1/2023).

Rencananya, bangunan tersebut tak hanya sebagai sarana ibadah umat muslim saja. Melainkan sebagian lahan akan digunakan sebagai pusat budaya multi-agama untuk menyambut warga lanjut usia, kelompok musik dan seni, dan sekolah montessori untuk anak-anak.

Baca Juga: Timothy Winter, Cucu Pendeta Jadi Ulama Besar Penopang Dakwah di Inggris

“Saya 100 persen yakin ketika [penjualan] ini ditutup pada bulan Maret, ini akan menjadi model yang bagus untuk seluruh masyarakat Kanada dan mungkin untuk dunia,” ujarnya.

Seorang umat paroki lama di St. Margaret Mary, Missy Fraser memuji visi imam Soharwardy. Dia pun mengungkapkan bahwa gereja ditutup lantaran kekurangan dana.

“Sungguh luar biasa bagi saya bahwa itu akan terus menjadi tempat ibadah seperti yang telah terjadi selama seabad terakhir, tetapi juga terus menjadi tempat pelayanan bagi orang lain,” kata Fraser.

"Kami mempertahankan masa lalu, tetapi kami bergerak ke masa depan." imbuhnya.

Hingga saat ini, ada sekitar 1.053.945 Muslim di Kanada. Angka tersebut menjadi bukti bahwa jumlah umat muslim terus meningkat setiap sensus (10 tahun).

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Maret 2023
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:02
Ashar
15:14
Maghrib
18:04
Isya
19:13
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan