Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 29 Maret 2024
home home & garden detail berita

Tips Memelihara Taman Rumah agar Tetap Indah dan Sedap Dipandang

Muhajirin Jum'at, 03 Februari 2023 - 09:20 WIB
Tips Memelihara Taman Rumah agar Tetap Indah dan Sedap Dipandang
Ilustrasi taman rumah (foto: langit7.id/istock)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Taman di rumah bisa mempercantik bangunan dan membuat suasana hijau, sejuk, dan nyaman. Anda tidak perlu memiliki lahan luas untuk memiliki taman indah. Lahan sempit pun bisa dijadikan taman mini dengan menggunakan pot-pot tanaman.

Anda bebas berkreasi menempatkan pot-pot tanaman agar indah dipandang mata. Setelah itu, pemeliharaan taman secara berkala sangat penting untuk memastikan taman tetap indah. Tanaman, pot, gentong, dan material lain mudah kotor karena terpapar di luar rumah.

Maka itu, Anda perlu memelihara taman rumah agar tidak hijau, sejuk, dan nyaman untuk ditempati bersantai. Berikut beberapa tips memelihara rumah agar tetap indah:

Baca Juga: Bangun Islamic Center, Muslim UK Ingin Hadirkan Masjid seperti Masa Rasulullah

1. Selalu Bersihkan Taman

Jangan lupa untuk selalu membersihkan taman dari daun dan ranting yang kering dan jatuh ke tanah. Ini penting untuk memastikan keindahan taman dan menghindari penumpukan sampah.

Taman yang bersih akan terlihat alami dan cantik. Anda harus melakukan hal tersebut setiap hari untuk memastikan taman tetap bebas dari sampah. Dengan demikian, taman di rumah Anda tetap terlihat hijau, sejuk, dan nyaman.

2. Potong Daun dan Ranting Kering

Ada beberapa jenis tanaman yang memiliki daun dan ranting kering tidak jatuh begitu saja. Oleh karena itu, membersihkan taman dari dan dan ranting kering tidak cukup hanya dengan menyapu saja.

Baca Juga: 5 Tips Jadikan Akhir Pekan Berkualitas meski Tetap di Rumah

Terkadang, daun yang sudang kering masih melekat pada pohon, misalnya daun palem-paleman. Daun yang sudah bewarna coklat dan layu akan membuat tampilan taman tidak hijau dan terlihat tidak bersih. Anda perlu memotongnya menggunakan gunting taman dan menjaga bentuk tanaman tetap terlihat rapi.

3. Rapikan Tanaman yang Tumbuh Cepat dan Liar

Perawatan berkala untuk tanaman yang tumbuh liar harus dilakukan untuk menjaga keindahan taman. Misalnya, rumput atau tanaman pengganti rumput yang seringkali tumbuh dengan liar dan tidak teratur. Anda bisa memotong dan merapikan tanaman itu menggunakan mesin pemotong rumput atau gunting taman.

4. Ganti Tanaman yang Sudah Rusak dan Mati

Membuang tanaman yang rusak dan mati dari taman, baik karena serangan hama atau kurang penyiraman, perlu dilakukan untuk mempertahankan keindahan taman. Anda bisa mengganti dengan tanaman baru yang sehat dan subur, baik sama atau berbeda jenis. Itu dilakukan untuk memperkaya variasi dan membuat taman terlihat segar dan hijau kembali.

Baca Juga: Solo Safari Diyakini akan menjadi Ikon Wisata Baru di Surakarta

5. Potong Dahan Pohon Besar

Taman yang memiliki pohon besar sebagai pohoh peneduh memang berguna, tetapi jika terlalu tinggi bisa menimbulkan masalah. Beberapa tanaman besar seperti Kamboja atau Tabebuya, hingga tanaman buah perlu dipotong agar tidak menjulang tinggi. Pemotongan bisa dilakukan dengan alat seperti gergaji.

6. Jaga Kesuburan Tanah

Kadang kesuburan tanah dalam taman menurun. Hal itu menyebabkan tanaman menjadi layu dan kurang subur. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, Anda perlu melakukan pendangiran, pemupukan, hingga menambah media tanah baru, khususnya tanaman dalam pot.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 29 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:02
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan