Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 14 Juni 2024
home sosok muslim detail berita

Nazma Khan, Muslimah Amerika Serikat Pencetus World Hijab Day

Muhajirin Jum'at, 10 Februari 2023 - 10:40 WIB
Nazma Khan, Muslimah Amerika Serikat Pencetus World Hijab Day
Nazma Khan, penggagas World Hijab Day (foto: Instagram/Nazmakhanofficial)
LANGIT7.ID, Jakarta - Nazma Khan, Muslimah asal New York, Amerika Serikat merupakan pencetus World Hijab Day (Hari Hijab Sedunia/WHD) yang diperingati setiap 1 Februari. WHD bertujuan mempromosikan toleransi dan pemahaman agama dengan cara mengajak wanita mengenakan hijab selama satu hari.

Mengutip laman resmi World Hijab Day, Nazma merupakan imigran asal Bangladesh. Dia pindah ke New York pada 1994. Saat berusia 11 tahun, dia menjadi satu-satunya wanita yang mengenakan hijab, dan seringkali diteriaki ‘Batman’ atau ‘Ninja’ di sekolah.

Ujian tak sampai di situ, saat masuk ke perguruan tinggi, dia kerap dirundung dengan tudingan teroris karena dampak peristiwa 11 September 2001. Kejadian demi kejadian itu membuat Nazma memikirkan cara mengampanyekan hijab ke seluruh dunia.

Baca Juga: Banyak Jalan Menuju Surga Jangan Jadi Alasan Tak Berhijab

“Itu mengerikan. Saya pikir satu-satunya cara untuk mengakhiri diskriminasi adalah jika kami meminta saudara perempuan kami untuk mengenakan hijab juga,” tulis Nazma di laman resmi WHD.

WHD diharapkan bisa menumbuhkan toleransi dan pemahaman agama. Hal itu dapat menjelaskan alasan Muslimah wajib mengenakan hijab. Gerakan itu menginspirasi beragam inisiatif terkait hijab di berbagai negara.

Pada 2021, Nazma mendirikan Bulan Sejarah Muslim Internasional untuk menghentikan Islamofobia secara global. Hal itu dilakukan dengan menghormati dan merayakan kontribusi muslim-muslimah kepada dunia sepanjang sejarah.

Baca Juga: 5 Gaya Hijab Anggun untuk Cewek Mamba ala Sartiw

Senat Negara New York lalu mengadopsi Mei 2021 sebagai Bulan Sejarah Muslim untuk Negara Bagian New York dalam resolusi Senat No.J718. Pada 1 Februari 2022, Meta sebagai perusahaan induk Facebook dan Instagram kemudian merayakan WHD ke-10.

Pada tahun yang sama, Nazma terpilih menjadi pembicara tamu pada KTT Wanita dan Keadilan Internasional ke-5 di Turki. Dia berbicara tentang diskriminasi Muslimah berhijab di ruang publik.

Dari berbagai unggahan di akun Instagram, wanita 40 tahun itu masih tinggal di New York. Nazma kini menjalani kegiatan sebagai motivator dan aktivis sosial, terutama mengenai masalah hijab. Namanya sebagai penggagas WHD membuatnya sering diundang menjadi pembicara di berbagai acara.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 14 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:17
Maghrib
17:49
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan