Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 25 April 2024
home global news detail berita

Dubes RI untuk Turki Apresiasi Kontribusi Lembaga Zakat Indonesia

Muhajirin Rabu, 08 Maret 2023 - 23:00 WIB
Dubes RI untuk Turki Apresiasi Kontribusi Lembaga Zakat Indonesia
Dubes RI untuk Turki Lalu M Iqbal ungkap terima kasih soal bantuan gempa Turki (Dok KBRI Ankara)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Duta Besar Indonesia untuk Turki, Dr. Lalu Muhamad Iqbal, mengapresiasi lembaga zakat anggota Forum Zakat yang telah berkontribusi bagi penyintas gempa Turki. Aksi tersebut menguatkan peran Indonesia dalam aksi kemanusiaan global.

"Saya mewakili pemerintah RI mengucapkan terima kasih kepada lembaga zakat karena telah membantu korban gempa Turki. Kontribusi lembaga zakat sangat menguatkan peran Indonesia dalam aksi kemanusiaan global," ungkapnya pada pertemuan dengan Forum Zakat di KBRI Ankara, Selasa (7/3/2023).

Pertemuan itu juga membahas rencana kolaborasi lanjutan antara pemerintah dengan lembaga zakat pada fase rehabilitasi dan rekonstruksi gempa Turki. Lalu mengatakan KBRI dan Lembaga Zakat anggota Forum Zakat akan mengadakan Festival Ramadan di kamp pengungsian.

Baca Juga: Tim Pencarian dan Pertolongan Indonesia untuk Turki Tiba di Tanah Air

"Tak hanya itu, program yang bisa kita eksekusi bersama adalah Pembangunan Kampung Indonesia yaitu ekosistem Indonesia di wilayah bencana, mulai dari rumah, sekolah, pasar, masjid, dll yang dibangun dari banyak entitas Indonesia," ucap Lalu.

Pemerintah Indonesia memiliki keinginan kuat untuk membangun kampung Indonesia sebagai balasan kepada Turki yang sudah membangun desa Turki di Aceh serta bantuan pada bencana di Palu dan Lombok, silam.

Lalu menjelaskan, dalam lima tahun ke depan, Turki memutuskan untuk menurunkan intensitas bantuan peran kemanusiaannya di tingkat Global akibat gempa ini. Sebagaimana diketahui, Turki adalah entitas dengan kontribusi kemanusiaan global nomor 3 dunia setelah UN dan Uni Eropa.

Baca Juga: Turki Mulai Lakukan Pembangunan Pascagempa, Target Rampung Setahun

"Ini akan jadi peluang bagi Indonesia agar bisa menjadi pemain penting dengan meningkatkan kontribusi aksi kemanusiaan global. Sejalan dengan ini, bagi gerakan zakat juga saya harap bisa memperkuat peran dalam aksi kemanusiaan global. Kolaborasi kita pada gempa Turki menjadi momentumnya," ungkap Lalu.

Dalam agenda tersebut, Direktur Eksekutif Forum Zakat, Agus Budiyanto, melaporkan kontribusi lembaga zakat anggota Forum Zakat untuk gempa Turki. Ada 23 lembaga zakat yang turun dalam aksi penanganan gempa Turki, mulai dari klaster penyelamatan/evakuasi klaster kesehatan, klaster logistik, dan klaster recovery.

"Apresiasi dari Kedubes RI merupakan bukti bahwa lembaga zakat memiliki kontribusi yang kuat dalam kemanusiaan tak hanya nasional namun juga level global," kata Agus.

Baca Juga: Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Turki-Suriah

Aksi penanganan ini menyebar ke berbagai lokasi terdampak seperti Hatay, Gaziantep, Reyhanli, Zaitinobe, dan lain-lain. Berdasarkan informasi dari KBRI, bantuan mendesak saat ini adalah tenda-tenda untuk tempat tinggal penyintas sampai rumah mereka dibangun kembali oleh pemerintah Turki.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 25 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan