Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home global news detail berita

Turki Mulai Lakukan Pembangunan Pascagempa, Target Rampung Setahun

mahmuda attar hussein Sabtu, 25 Februari 2023 - 13:00 WIB
Turki Mulai Lakukan Pembangunan Pascagempa, Target Rampung Setahun
Gempa Bumi M7,8 yang memporak-porandakan Turki pada Senin (6/2/2023). (Foto: Can Celik/DHA via AP)
LANGIT7.ID, Jakarta - Pemerintah Turki mengeluarkan peraturan untuk membangun kembali wilayah yang hancur akibat gempat bumi Magnitudo 7,8 pada awal bulan Januari lalu. Jutaan orang kehilangan rumahnya dan lebih dari 160.000 bangunan, termasuk 520.000 apartemen hancur akibat gempa tersebut.

Melansir dari Reuters, Sabtu (25/2/2023), Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan telah berjanji untuk membangun kembali rumah warga yang rusak dalam waktu satu tahun. Bahkan, rencananya juga akan dibangun rumah tahan gempa.

Baca Juga: Derita Penyintas Gempa Turki: Musim Dingin Menusuk, Rumah Jadi Puing-puing

Para korban selamat pun telah berangsur-angsur meninggalkan wilayah Turki selatan. Selama di sana, mereka yang tinggal mengungsi di tenda, rumah kontainer, dan akomodasi lain yang merupakan bantuan dari pemerintah.

Di bawah regulasi baru Turki, setiap individu, institusi, dan organisasi akan dapat membangun tempat tinggal dan tempat kerja, yang dapat mereka donasikan ke Kementerian Urbanisasi. Kemudian properti tersebut akan diserahkan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Di sisi lain, Menteri Kehakiman Bekir Bozdag mengatakan, sebanyak 171 orang telah ditangkap. Sementara 77 orang lainnya menghadapi penahanan.

Baca Juga: Dampak Gempa Turki, Masjid dan Gereja Tertua di Antakya Hancur

Hal itu sebagai bagian dari penyelidikan atas bangunan yang runtuh di daerah gempa, terkait dengan pelanggaran peraturan pembangunan.

"Semua yang terlibat akan dimintai pertanggungjawaban di depan pengadilan. Setiap orang akan dihukum sesuai tanggung jawabnya," kata Bozdag kepada CNNTurk.

Bozdag menekankan agar pihak berwenang bisa memberikan hukuman lebih berat. Hal itu sebagai efek jera karena melanggar aturan zonasi terkait lokasi dan cara pembangunan yang lebih aman.

Baca Juga:

Korban Tewas Gempa Bumi Turki-Suriah Tembus 45.000 Jiwa

Bangunan Tahan Gempa Ambruk, Warga Ronesans Rezidans Turki Ngamuk


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan