Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 15 Juni 2024
home home & garden detail berita

Jadi Sumber Berkah, Begini Cara Bikin Mihrab di Dalam Rumah

Muhajirin Jum'at, 17 Maret 2023 - 13:00 WIB
Jadi Sumber Berkah, Begini Cara Bikin Mihrab di Dalam Rumah
Ilustrasi mihrab (Foto: Istimewa)
LANGIT7.ID, Jakarta - Keberadaan mihrab merupakan salah satu ciri rumah seorang muslim. Mihrab merupakan tempat khusus untuk beribadah saja. Hal tersebut dilandasi Surah Ali Imran ayat 37.

Dalam ayat tersebut, Allah Ta’ala menggambarkan Maryam memiliki mihrab khusus untuk beribadah dan berdoa. Ustadz Adi Hidayat (UAH) menjelaskan, janji Allah bagi umat muslim yang memiliki mihrab akan dianugerahkan dua hal yang tidak diberikan kepada kelompok lain. Dua hal itu, yakni Allah akan mempercepat rezeki dan mengijabah doa, meskipun doa itu terlihat mustahil bagi orang lain.

“Buktinya, Maryam punya mihrab kuncinya dipegang oleh pamannya Zakaria. Nabi Zakaria memberi makanan dan pakaian. Akan tetapi, ada hal yang menarik, yaitu ketika akan memasuki mihrab, saat dibuka kuncinya sudah ada makanan dan pakaian,” tutur UAH dalam salah satu tausiahnya, dikutip Selasa (14/3/2023).

Baca Juga: Rumah Ideal dalam Islam, Harus Jadi Sarana Tingkatkan Kesalehan Keluarga

Berikut beberapa tips untuk membuat mihrab di dalam rumah:

1.Tentukan Lokasi

Pilih lokasi yang tenang dan terpisah dari ruang lainnya. Pastikan ruangan tersebut bisa digunakan khusus untuk ibadah. Lokasi ini sebaiknya dipilih di dalam ruangan yang bisa digunakan khusus untuk ibadah dan tidak terganggu oleh aktivitas lain di rumah.

Lokasi yang ideal untuk mihrab biasanya adalah di sudut ruangan yang terpisah dari area lain. Anda juga dapat memilih lokasi di dekat jendela atau pintu agar dapat memanfaatkan cahaya alami.

Baca Juga: Tips Dekorasi Rumah untuk Menyambut Ramadhan 2023

2. Ukuran

Ukuran mihrab dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan yang tersedia. Namun, ada beberapa ukuran standar yang dapat digunakan sebagai acuan. Misalnya, ukuran mihrab standar yang sering digunakan adalah 2,5 meter tinggi dan 1,5 meter lebar pada bagian terluas.

Namun, ukuran bisa disesuaikan dengan ruangan yang tersedia, asalkan masih dapat memberikan kenyamanan dan keterpisahan dalam beribadah.

3. Desain

Desain mihrab bisa disesuaikan dengan selera pribadi atau gaya dekorasi rumah. Namun, ada beberapa hal yang diperlukan. Pertama, sesuaikan dengan ukuran rumah, jika ruangan kecil, pilihlah desain mihrab yang sederhana dan tidak terlalu besar agar tidak memakan terlalu banyak tempat. Kedua, pertimbangan orientasi mihrab. Mihrab menghadap ke arah Ka’bah.

Baca Juga: Tips Dekorasi Rumah Mungil, Hasil dari Slow Decorating

4. Pencahayaan

Pencahayaan yang cukup dan sesuai sangat penting untuk menciptakan suasana yang nyaman dan tenah saat beribadah di mihrab. Untuk pencahayaan yang ideal, sebaiknya pilih lampu yang tidak terlalu terang dan memiliki cahaya yang lembut dan hangat.

Selain itu, perlu dipastikan bahwa pencahayaan dapat menyoroti mihrab dan tempat sujud sehingga memudahkan dalam melakukan ibadah.

5. Pintu

Pintu pada mihrab sangat penting untuk menjaga privasi saat melakukan ibadah. Pastikan pintu tersebut mudah dibuka dan ditutup serta sesuai dengan desain mihrab. Selain itu, pastikan juga bahwa pintu tersebut terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama.

Baca Juga: Tips Dekorasi Rumah Biar Lebih Nyaman Kumpul Keluarga

6. Perlengkapan

Persiapan perlengkapan ibadah sangat penting untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran dalam beribadah di mihrab di dalam rumah. Selain sajadah dan Al Qur'an, perlengkapan lain yang dapat disiapkan meliputi tasbih, mukena, dan sebagainya. Pastikan untuk menyimpan perlengkapan dengan rapi dan mudah dijangkau.

7. Perawatan

Setelah mihrab selesai dibuat dan dihias dengan cantik di dalam rumah, perawatan menjadi hal yang sangat penting agar mihrab selalu terlihat indah dan bersih. Pastikan mihrab selalu dalam kondisi kering dan terhindar dari kelembaban.

Mihrab juga harus dibersihkan secara berkala dari debu dan kotoran. Gunakan lap lembut untuk membersihkan permukaan mihrab dan jangan menggunakan bahan kimia yang keras agar tidak merusak permukaannya.

Baca Juga: 5 Ide Dekorasi Edisi Ramadan, Terapkan Gaya Timur Tengah

Dengan merawat mihrab dengan baik, Anda bisa merasakan kedamaian dan kenyamanan saat melakukan ibadah di dalam rumah.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 15 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:18
Maghrib
17:49
Isya
19:04
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan